PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU GIZI (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas di SMK Negeri 3 Banda Aceh)

Atenta Malum Bancin, Suryati Sufiat, Yuli Heirina Hamid

Abstract


Model pembelajaran tipe GI merupakan salah satu cara dalam mengatasi permasalahan pembelajaran ilmu gizi di kelas X   SMK Negeri 3 Banda. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran ilmu giziPenelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X  SMK Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes dan observasi. Data observasi aktivitas guru dan siswa dianalisa secara deskriptif dengan skor rata-rata. Data hasil observasi motivasi belajar siswa, dianalisa dengan mendeskripsikan kegiatan guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Data tes hasil belajar siswa di analisa dengan menggunakan tingkat ketuntasan induvidual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukan: siklus I (1) Motivasi belajar 14 siswa (50%) kategori baik, 7 siswa (25%) motivasi belajar cukup, dan 7 siswa (25%) motivasi belajar kurang. (2) Aktivitas guru dan siswa mendapat skor rata-rata 3,6 (72%) kategori baik, dan (3) Hasil belajar siswa yang tuntas 14 orang dengan nilai rata-rata 72,27 secara klasikal (50%). Pada siklus II (1) Motivasi belajar 23 siswa (82%) kategori baik, 5 siswa ( 18%) kategori cukup, tidak ada siswa (0%) dengan kategori kurang. (2) Aktivitas guru dan siswa mendapat skor rata-rata 4,4 (88%) kategori baik sekali. (3) Hasil belajar siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 orang dari total keseluruhan 28 orang dengan nilai rata-rata 87 secara klasikal (93%). Dengan demikian Hipotesis di terima (H1). Model pembelajaran tipe GI dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran ilmu gizi


References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Djiwandono, Wuryani Esti Sri. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gransindo.

Djufri, dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala.

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Johar, Rahmah dkk. 2006. Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kurniajanti. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation GI. Wordpress, (Online),(https://wordpress.com. /Makalah. diakses 22 April 2016)

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

----------. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karatesistik, dan Implementasi. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Novida. 2013. “Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sorting Card dalam Pemilahan.

Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Proverawati, Atikah dan Erna Kusuma Wati. 2010. Ilmu Gizi untuk Keperawatan & Gizi Kesehatan. Yogyakarta. Nuha Medika.

Riadi, Muchlisin. 2012. Model Pembelajaran Group Investigation. Kajian Pustaka, (Online),(http://www.kajianpustaka.com. diakses 24 Maret 2016).

---------- 2013. Motivasi Belajar. Kajian Pustaka, (Online), (http://www.kajianpustaka.com. diakses 24 Maret 2016).

Rusman. 2014. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sunartombs. 2009. Pengertian Prestasi Belajar. Artikel (Online), (https://sunartombs.wordpress.com/ , diakses 24 September 2016).

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

¬----------.2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunus, Johan. 2005. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SLTA. Jurnal Mon Mata, Volume 7. No. 1, Maret 2005. Banda Aceh: Lembaga Penelitian Universitas Syiah Kuala.

Yusuf, Liswarti dkk. 2008. Teknik Perencanaan Gizi Makanan untuk Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Wahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.