PEMANFAATAN TINTA CUMI-CUMI (Loligo sp) SEBAGAI PEWARNA ALAMI DALAM PEMBUATAN ROTI BURGER

Syahida Tiara, Yuli Heirina Hamid, Laili Suhairi

Abstract


Tinta Cumi-cumi merupakan salah satu cairan hitam dari isi dalam cumi-cumi yang selama  ini dibuang/diabaikan oleh banyak masyarakat. Pada penelitian ini tinta cumi yang digunakan adalah isian dari cumi-cumi yang segar yang tampilan permukaan daging yang berwarna putih dengan bercak cokelat kemerahan dan bagian matanya berwarna bening. Tujuan penelitian adalah (1) menstandarisasi resep roti burger tinta cumi-cumi melalui uji organoleptik (warna, aroma, rasa, tekstur), (2) karakteristik organoleptik roti burger tinta cumi-cumi, (3) mengetahui daya terima konsumen terhadap cita rasa roti burger tinta cumi-cumi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain rancangan acak lengkap (RAL), yaitu satu kali kontrol dan dua kali perlakuan dari tiga produk roti burger yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji pengamatan (Sensory Evaluation) oleh 5 orang narasumber dan uji penerimaan (Hedonic Scale) oleh 30 orang panelis konsumen. Data uji pengamatan dianalisis dengan menghitung niai rata-rata yang diperoleh dari narasumber, sedangkan data uji penerimaan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur yang diperoleh dari panelis konsumen. Hasil uji pengamatan yang dilakukan oleh narasumber diketahui narasumber menyukai roti burger dengan penambahan tinta cumi-cumi 12% pada perlakuan ketiga (Btc3) ditinjau dari segi warnanya hitam pekat, teksturnya lembut, dan rasanya gurih. Hipotesis penelitian ini diterima (H₁) karena terdapat pengaruh pada warna, aroma, tekstur dan rasa. Kesimpulan bahwa narasumber dan konsumen memiliki perbedaan terhadap roti burger tinta cumi-cumi dari segi warna, aroma, rasa, dan tekstur. Saran penelitian ini dapat dilanjutkan untuk melihat kandungan gizi roti burger tinta cumi-cumi dan diharapkan kepada masyarakat dapat menggunakan tinta cumi-cumi yang segar untuk pembuatan roti burger agar lebih fresh.

 

Kata Kunci: Daya Terima, Konsumen, Roti Burger, Tinta Cumi-Cumi.


References


Astawan, M. 2008. Khasiat Warna–Warni Makanan. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Djajasasmita, M., S. Soemodihardjo, & B. Sudjoko. 1993. Status Sumber Daya Cephalopoda di Indonesia. Panitia Nasional Program MAB Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Mimmura, T., K. Maeda, H. Hariyama , S. Aonuma, M. Sataka , dan. Fujita . 1982. Studies on Biological Activities of Melanin From Marine Animals.

Mukholik. 1995. Pengaruh Larutan Tinta Cumi -Cumi Dan Suhu Perebusan Terhadap Air Rebusan Cumi-cumi.

Mudjajanto ES dan Yulianti LN. 2004. Membuat Aneka Roti. Penebar Swadaya, Jakarta.

Nielam Vioni, dkk. 2018. Fortifikasi Tinta Cumi-Cumi Pada Cupcake Terhadap Tingkat Kesukaan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran. Jatinangor.

Okuzumi, M dan Fujii, T. 2000. Nutritional and Functional Properties of Squid and Cuttlefish. Japan: National Cooperative Association of Squid Processors.

Risa Noviana, 2018. Pemanfaatan Kulit Pisang Ayam Dalam Pembuatan Kerupuk. Banda Aceh: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Sarwojo. 2005.Serba – Serbi Dunia Molusca. Malang. Indonesia.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.

Subarna. 1992. Baking Technology, Pelatihan Singkat Prinsip-prinsip Teknologi bagi Food Inspector. Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi, IPB, Bogor.

U.S Wheat Associates. 1981. Pedoman Pembuatan Roti Dan Kue Jakarta Djambatan.

Winiati Pudji Rahayu. 2001,29 Penuntun Praktikum Penilaian Organolepttik. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Wahyudi.2003.MemproduksiRoti.http://118.98.213.22/kgi/smk/pertanian/agro_

industri_pangan/4_mempro uksi_roti.pdf[29 januari 2019]

Yuspihana Fitrial, Iin Khusnul Khatimah, 2017. Aktivitas Anti Bakteri Dari Melanin Tinta Cumi-Cumi dan Sotong, Jurnal. Teknologi Hasil Perikanan,

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Lambung. Kalimantan Selatan

Zhong JP, Whang G, Shang JH, Pan JQ, Li K, Huang Y, LiuHZ. 2009. Protective Effect Of Siquid Ink Extract Towards Hemopoieticinjuries Induced by cyclophosphamine. Marine Drugs. 7:9-18.

Zaitsew, V. I. Kizevetter, L. Lagu-Nov, T. Makarova, L. Minder, V. Podsevalov 1969. Fish Curing And Processing. Mir. Publishers, Moscow : 722pp


Refbacks

  • There are currently no refbacks.