PERBANDINGAN HASIL UJIAN NASIONAL ANTARA SEKOLAH DASAR YANG MENGGUNAKAN KTSP DENGAN SEKOLAH DASAR YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH

Mirawati Mirawati, M. Nasir yusuf, Intan Safiah

Abstract


Ujian nasional merupakan pengukuran kemampuan potensi siswa terhadap mata pelajaran tertentu setelah mengikuti pembelajaran di sekolah dengan berpedoman pada kurikulum. Namun terkait pelaksanaan UN tahun 2016 sekolah dasar di Kecamatan Wih Pesam Bener Meriah menggunakan dua kurikulum yang berbeda padahal untuk soal UN 2016 seluruh sekolah sama. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “perbandingan hasil ujian nasional antara sekolah dasar yang menggunakan KTSP dengan sekolah dasar Yang menggunakan kurikulum 2013 di kecamatan Wih Pesam kabupaten Bener Meriah”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil ujian nasional antara sekolah yang menggunakan KTSP dengan sekolah yang menggunakan K-13, dan apakan hasil ujian nasional sekolah yang menggunakan K-13 lebih baik dari sekolah  yang menggunakan KTSP. Penelitian ini bertujuan mengungkap hasil ujian nasional sekolah yang menggunakan KTSP dengan sekolah yang menggunakan K-13.Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil ujian nasional kedua kurikulum yang berbeda.

            Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil ujian nasional tahun 2016 yang diambil dari kedua sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Data yang diperoleh dari sekolah diolah menggunakan rumus “t” untuk uji beda.

          Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh  sebesar -2,86154 dan  sebesar 2,000. Dengan demikian disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil ujian nasional antara sekolah yang menggunakan KTSP dengan sekolah yang menggunakan  K-13. Dan hasil ujian nasional sekolah  yang menggunakan KTSP lebih baik dari hasil ujian nasional sekolah yang menggunakan K-13

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamizann. 2015. “UN 2016 Memakai K2013 dan K2006”, (Online), (Hamizann.blogspot.co.id./2015/10/UN-2016-Memakai-K2013-Dan-K2006.html).’ diakses pada Oktober 2015.

Irianto, Agus. 2010.Statistik Konsep Dasar Aplikasi dan Pengembanganya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kamus Bahasa Indonesia, (WWW. Kamus Bahasa Indonesia.Org).

Mulyasa. 2015. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. Seri Standar Nasional Pendidikan KTSP Dasar Pemahaman Dan Pengembangan.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Naim, Ngainun. 2009. Rekontruksi Pendidikan Nasional Membangun Paradigma yang Mencerahkan. Yogyakarta: Penerbit TERAS.

Pertaturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Reksoatmodjo, Tedjo Narsoyo. 2010. Pengembangan Kuruikulum Pendidikan Tekknologi dan Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Sayodih. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh