PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DIKELAS IV SDN 1 ALURDUAMAS ACEH SELATAN

Zulharira Zulharira, Fauzi Fauzi, Nurmasyitah Nurmasyitah

Abstract


Sesungguhnya pecahan ialah suatu pembelajaran  yang diajarkan oleh pengajaar di sekolah dasar khususnya dikelas empat. Pecahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah penjumlahan pecahan yang berpenyebut sama dan berpenyebut berbeda. Tempat dilaksanakan tindakan ini merupakan berada dikelas empat sekolah dasar negeri satu Alurduamas Aceh Selatan. sementara yang dijadikan sebagai rumus dalam masalah ini yaitu Adakah Pengaruh Penggunaaan dari media konkret terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika pada penjumlahan pecahan dikelas IV SDN 1 Alurduamas Aceh Selatan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan  untuk mengetahui pengaruh penggunaan media konkret terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika pada penjumlahan pecahan dikelas IV SDN 1 Alurduamas Aceh Selatan. Pendekatan penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen semu dan desain one shot case study. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa dikelas IV SDN 1 Alurduamas Aceh selatan yang berjumlah 19 siswa. Karena populasi penelitian ini kurang dari 100 maka jumlah populasi seluruhnya dijadikan sampel penelitian.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berjumlah 10 soal yang berbentuk essay yang diberikan oleh peneliti setelah 2x perlakuan. Setelah data dikumpulkan dari hasil penelitian diolah dengan statistik uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan α=0,05 dan kriteria pengetesan jawaban sementara ialah  tidak terima H0 jika thitung ≥ tabel dan pakai H0 apabila t<ttabel. Berdasarkan jawaban dari hasil penelitian dan olahan data dapat diperoleh bahwa nilai thitung ≥ ttabel atau (4,18 ≥ 1,73). Berdasarkan kriteria pengujian diperoleh H0 tidak dapat diterima dan sebaliknya H1 dapat diterima, maka disebabkan hal tersebut kita dapat memberi kesimpulan yang pasti bahwa benar ada pengaruh dari penggunaaan media konkret terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika pada penjumlahan pecahan dikelas empat SDN satu Alurduamas Aceh Selatan..

 


Full Text:

XML PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh. 2007. Sretegi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Penyusun KBBI. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif.

Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta..

Rahayu, Siti. 2014. Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Konkret Pada

Materi Operasi Bilangan Bulat Di Kelas V SDN Bukit Baro Montasik Aceh Besar. Skripsi FKIP Unsyiah: Banda Aceh.

Triwani. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa

pada Materi Energi Panas dan Bunyi Di Kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi FKIP Unsyiah: Banda Aceh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh