PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH

Yurita Sartika, Rosma Ely, Monawati Monawati

Abstract


Pendidikan karakter disiplin belajar sangatlah penting dimiliki oleh peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter disiplin belajar siswa di SD tersebut.  (2) Apa saja kendala dihadapi guru pada penerapan pendidikan karakter disiplin belajar di SDN. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) penerapan pendidikan tingkah laku belajar di SD (2) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan  karakter disiplin belajar di sekolah dasar.

              Pendekatan digunakan penelitian ini yakni pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif.  Sumber data adalah guru kelas I s/d VI yang berjumlah 6 orang di Sekolah.

              Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. 

              Hasil penelitian penerapan pendidikan karakter disiplin belajar sudah diterapkan oleh guru dengan hasil yang sangat baik. Guru mengalamikendala dalam penerapan pendidikan karakter disiplin belajaryaitu berasal dari peserta didik di lingkungan yang kurang mampu memahami pendidikan karakter serta kurangnya partisipasi orang tua.

 

 


Full Text:

PDF

References


Ma’sumah, siti. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Diakses dari lib.unnesa.ac.id pada tanggal 20 Mei 2018.

Moleong, Lexy. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh