KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK MEMBACA CEPAT MAHASISWA PGSD UNSYIAH TAHUN AJARAN 2017/2018

Uci Umra, Bukhari Bukhari, Awaluddin Awaluddin

Abstract


Latar belakang  dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana kemampuan kemampuan membaca dan memahami mahasiswa. Berdasarkan pengamatan peneliti tentang permasalahan membaca cepat dan pemahamannya, terdapat berbagai macam permasalahan menyangkut dengan memahami bahan bacaan dengan baik. Ketika mereka menghadapi bahan bacaan tentang membaca cepat dan harus memahami isi bacaan tersebut dan masih banyak yang sangat kurang dalam hal membaca cepat dan memahaminya.  

            Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca pemahaman melalui teknik membaca cepat mahasiswa PGSD Unsyiah tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagainamakah kemampuan membaca pemahaman melalui teknik membaca cepat mahasiswa PGSD Unsyiah tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian statistik deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 orang mahasiswa PGSD Unsyiah tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu dengan tes, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif atau rumus persentase.

Berdasarkan hasil penelitian tentang kemampuan membaca pemahaman melalui teknik membaca cepat, diperoleh 4 orang yang mampu membaca cepat dengan persentase (11.11%) dan 32 orang yang belum mampu membaca cepat (88.89%). Setelah membaca cepat peneliti juga menilai tentang pemahaman, bahwa tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai yang sangat baik, dan yang termasuk kategori baik 8 orang dengan persentase (22.22%), dan 4 orang mahasiswa yang mendapatkan nilai cukup dengan persentase (11.11%), sedangkan 24 orang mahasiswa yang mendapatkan nilai kurang dengan persentase (66.57%).


Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran bahasa indonesia yang efektif disekolah dasar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Bukhari. 2012. Membaca dan menulis. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Saddhono Kundharu, Slamet. 2014. Pembelajaran keterampilan berbahasa indonesia teori dan aplikasi.cetakan kedua. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Subyantoro. 2011. Pengembangan keterampilan membaca cepat. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

________. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Tarigan, Guntur Henry. 2005. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Aksara.

________. 2011. Membaca Ekspresif. Bandung : Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh