PENANAMAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI KUTA SIMBOLING KABUPATEN ACEH SINGKIL

Syarif Ahya, Mislinawati Mislinawati, Nurhaidah Nurhaidah

Abstract


Nilai moral adalah kelakuan yang timbul dalam jiwa manusia akibat kebiasaan yang terpadu dengan pikiran dan hati nurani yang dikerjakan oleh seseorang mengenai perbuatan yang baik atau buruk. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) menanamkan nilai moral pada anak didik melalui pendidikan kewarganegaraan di SD Negeri Kuta Simboling Kabupaten Aceh Singkil dan (2) usaha yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai moral pada anak didik lewat pendidikan kewarganegaraan di SD Negeri Kuta Simboling Kabupaten Aceh Singkil.

Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 2 orang guru yaitu kelas IV dan V dengan 29 orang peserta didik. Tehnik pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara. Kemudian datanya diolah dengan cara mereduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya empat nilai saja yang sudah mulai dikembangkan yaitu nilai keadilan, kejujuran, mandiri, dan peduli terhadap lingkungan. Kebanyakan peserta didiknya masih berprilaku yang kurang baik dilingkungan sekolah.

Simpulan penelitian ini adalah nilai moral yang ditanamkan oleh guru kepada peserta didik di SD Negeri Kuta Simboling belum dilaksanakan dengan baik, karena masih ada nilai moral yang belum dikembangkan yaitu nilai religius, peduli sosial, demokrasi, dan tanggung jawab. Usaha yang diupayakan oleh guru dalam menanamkan nilai moral pada peserta didik dilakukan dengan cara membangun komunikasi yang dekat dengan wali murid serta memberikan nasehat, bimbingan, dan mencontohkan akan prilaku yang baik pada peserta didik di sekolah.

 


Full Text:

PDF

References


Ahsan.2016. Penerapan Nilai Peduli Sosial di SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta. Jurnal pendidikan, Vol. 12-20 Edisi ke-5 2016.

Ali, Zainudin. 2017. PAI. Jakartra: PT. Bumi Aksara.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Pembelajaran Moral di Sekolah. Yogyakarta. Laksana.

Hasbullah.2009. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ibda, Fatimah. 2002. Penanaman Moral Melalui Mapel PKn dan PAI. Jurnal Ilmiah Vol XII. No 2. (online). Diakses 26 Mei 2019

Sayektiningsih, dkk. 2017. Mengembangkan Nilai karakter dalam PKn di MAN Klaten. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 12. No2, Juli 2017 : 228-238.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2005. Psikologi Anak-Anak. Jakarta: Rajawali

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral & Etika dalam Perpektif Perkembangan. Malang: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh