PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DI SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR

Suci Astafarina, Said Darnius, Mislinawati Mislinawati

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SDN Unggul Lampeuneurut diikuti oleh 40 siswa dari kelas tinggi. Dilihat dari jumlah keseluruhan siswa kelas tinggi, hanya sedikit siswa yang berminat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Kemudian siswa sering terlambat  dalam mengikuti kegiatan, juga terdapat siswa yang kurang memperhatikan serta tidak berinisiatif untuk bertanya apabila kurang mengerti. Tujuan penelitian untuk menguraikan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan untuk meningkatkan minat siswa di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Kabupaten Aceh Besar.

Dari hasil analisis data, peneliti mendapat informasi bahwa pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan untuk meningkatkan minat siswa di SDN Unggul Lampeuneurut sebagai berikut: pengelolaan kegiatan dilaksanakan berdasarkan tujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa, membentuk sikap disiplin, berfungsi sebagai tempat meluangkan waktu untuk hal bermanfaat. Pembinaan melalui penyediaan materi, bimbingan dan melatih siswa melalui kegiatan yang dilaksanakan. Tersedianya prasarana berupa alat-alat dan tempat pelaksanaan kegiatan. Mengadakan sosialisasi, perlombaan, Persami serta kegiatan menarik lainnya untuk meningkatkan minat siswa mengikuti kegiatan kepramukaan.

Simpulan penelitian ini adalah pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan untuk meningkatkan minat siswa di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar sebagian besar telah terlaksana dengan baik yang ditunjukkan dengan melaksanakan beberapa tujuan, fungsi, partisispasi siswa dalam mengikuti kegiatan serta adanya pembinaan melalui pemberian materi, bimbingan, latihan, evaluasi serta


tersedianya prasarana untuk kegiatan, sehingga siswa tertarik dan terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan yang dilaksanakan.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2013. Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.

Djaali. 2008.Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta:

PT Rajagrafindo.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun

tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jakarta: Depdiknas.

Pralita, Era.2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa dalam Mengikuti

Kegiatan Ekstrakurikuler Membatik di Pondok Pesantren Al Madani Semarang. Skripsi. Jurusan Teknologi dan Produksi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka

Cipta.

Subagyo, P. Joko. 2004. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Trisnaningrum, Duwi. 2013. Meningkatkan Minat Mengikuti Kegiatan Kepramukaan

Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 11 Semarang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Undang-Undang RI Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Kepramukaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh