PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI KELAS IV SD NEGERI 3 SAMADUA ACEH SELATAN

Richa Amalia, Rosma Ely, Monawati Monawati

Abstract


Dalam mata pelajaran SBdP kegiatan menggambar  di lakukan di sekolah termasuk kedalam cabang seni rupa. Penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan kreativitas siswa laki-laki dengan perempuan dalam mata pelajaran SBdP di kelas IV SD Negeri 3 Samadua Aceh Selatan.

           Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini murni dari hasil karya menggambar siswa di sekolah tersebut. Perbedaan kreativitas ini akan dilihat dari nilai yang didapat oleh setiap anak laki-laki dan anak perempuan.

           Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik observasi  dilakukan peneliti dengan cara melihat langsung ketika siswa melakukan kegiatan menggambar, peneliti juga melakukan wawancara kepada 3 siswa pria dan 3 siswa wanita yang mendapat nilai tertinggi, peneliti melakukan dokumentasi hasil karya menggambar siswa laki-laki dan siswa perempuan.

            Berdasarkan hasil analisis data dikemukakan bahwa nilai  diperoleh siswa perempuan yaitu 78,8 dan laki-laki 78,7 dan termasuk kedalam predikat baik. jika dilihat dari nilai yang tertinggi  95 didapatkan oleh siswa laki dan wanita 90, jadi dalam perbedaan kreativitas siswa laki-laki juga mempunyai kreativitas yang sama dengan siswa perempuan dalam hal menggambar dan mewarnai. Simpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kreativitas antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam hal menggambar dan mewarnai, hanya saja laki-laki kurang tekun dan bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu kegiatan kreativitas.


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasinoal.

Wijaya Hengki. 2018. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makasar: Sekolah Tinggi Teologia Jaffray.

Sumardi, Sandyawan I. 2005.Melawan Stigma Melalui Pendidikan alternatife. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh