PENGGUNAAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA DI KELAS III SD NEGERI 4 TAPAK TUAN

Tiara Raihan, Awaluddin Awaluddin, Monawati Monawati

Abstract


Siswa diruang IIISD Nageri 4 Tapak Tuanbelum memahami materi pecahan. Adapun judul penelitian ini: “Penggunaan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Sederhana Di Kelas III SD Negeri 4 Tapak Tuan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Dengan penggunaan media pada materi pecahan sederhana siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara klasikal di kelas III SD Negeri 4 Tapak Tuan dan bagaimanakah kemampuan guru dalam proses pembelajaran pecahan sederhana menggunakan media di kelas III SD Negeri 4 Tapak Tuan”. Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media buat meninggikan efek melatih diri sswa padaa mateeri pecahann sederrhana dii kelaas III SD 4 Tapak Tuan, mendeskripsikan kemampuann pendidik dlm poses pemblajaran pada bahan pecahan sederhana dengan menerapkan mediia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes hasil belajar siswa dan observasi kemampuan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis ketuntasan untuk hasil belajar siswa, sedangkan kemampuan guru dengan analisis deskriptif. KKM di SD Negeri 4 Tapak Tuan adalah 72. Dari hasil pengelolaan data diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus diperoleh 84,5 daan ppada putaran duaa terdapat 94,5.

 

Mmeningkatnya hassil beelajar siiswa sebanyak 25%. Rata – rata keahlian guuru pda prooses pmbelajaran dngan menggunkan mediium padaputaranI diperoleh 90,5, sedangkan rata-rata kemampuan guru dalam proses pembelajaran pada siklus II diperoleh 95,5, Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa pengkajian dengaan memakai meedia dapat meniingkatkan hasill beelajar ssiswa padaa materii peecahan sederhana ddi kellas III SD Negri 4 Tapak Tuan, pembelajaran dgnmemakai mediadan keuletan gru dlam proses pembelajaranberada pada katagori baik sekali.


Full Text:

PDF

References


Angkowo, Robertus dan A. Kokasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta:PT Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_______. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dayat, Tri. 2009. Matematika 3. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Djfri, 2016. Tuntutan Tulisan Skripsi. BandaAceh:FKIPUnsyiah.

Duludu, Ummyssalam. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran P1.S. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Heruman. 2007. ModelPembelajaranMatematikadiSekolahDasar. Bandung:PT. Remajja Rosdakarya.

Hirai, Kak Maya. (2014). Origami Kreatif. Jakarta: Indria Pustaka, Grup Puspa Swara, Anggota (KAP).

Kunandar.2008. Langkah Memudahkan pengkajian tindakkan Ruang sebagai perkembangan guru. Jakarta:PTRajawali Perss

Muhsin, Ariff. 2012. MengenalBilanganBulatDanOperasinya. Jakarta:PTBalai Pustaka(Persero).

Muslich, Masnur 2012. Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: PT Bumi Perkasa.

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CvPustaka Setia.

Sanjayya, Wiina.2011.Perencanaan tindakkan kelas. Jakarta: Kencana Penada Media Groub

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susato, Ahmd. 2013. TeoriBelajar&PembelajarandiSekolahDasar. Jakarta:PT Karisma PutraUtama.

Thobroni, M. 2015. Belajar&PembalajaranTeoridanPraktik.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh