KEMAMPUAN SISWA MEMBACA TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DI KELAS V SDN 40 BANDA ACEH

Nyan Sati, Adnan Adnan, M. Yamin M. Yamin

Abstract


Dalam konteks membaca teks deskripsi, hal terpenting adalah kemampuan siswa memahami bacaan melalui pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca teks deskripsi menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca teks deskripsi menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif. Sampel  penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 40 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa berdasarkan teks bacaan dengan langkah-langkah pembelajaran SQ3R, hasil penelitian dianasis menggunakan rumus persentase.

Proses pembelajaran siswa rata-rata memperoleh kategori baik. Kemampuan siswa membaca teks deskripsi menggunakan metode pembelajaran SQ3R secara keseluruhan yaitu 81,66. hasil persentase, peserta didik kemampuan membacanya terdapat nilai sangat baik (86-100) sebanyak  14 siswa (46,66%), siswa yang memperoleh nilai baik (75-85) 10 orang (33,33%), peserta didik  nilai cukup (66-74)  3 siswa (10%), peserta didik pada nilai kurang (<66) 3 orang (10%). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca teks deskripsi menggunakan metode SQ3R  siswa kelas V SDN 40 Banda Aceh berada pada kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Alek dan Achmad. 2011. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana prenada Media Grup.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar.2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Iskandar, Denni. 2014. Aplikasi Model Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Bandar Publishing.

Penyusun KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kusumaningsih, Dewi dkk.2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subhayni. 2015. Bahasa Indonesia Umum. Banda Aceh: Bandar Publishing.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin. 2012. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.

Tarigan, Henry Guntur. 2015.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Wijayanti, Sri Hapsari, dkk. 2013. Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh