PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA PADA PERKALIAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI JRUEK ACEH BESAR

Nurul Adina Putri, Monawati Monawati, Awaluddin Awaluddin

Abstract


Penelitian berjudul “Penggunaan Media Kartu Angka pada Perkalian  dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa  di Kelas III SD Negeri Jruek Aceh Besar”. Rumusan masalah: (a). Bagaimana keaktifan guru memanfaatkan media kartu angka pada materi perkalian?, (b). Bagaimana keaktifan siswa memakai media kartu angka?, (c). Apakah pemanfaatan media pembelajaran kartu angka dapat menaikkan  hasil belajar di kelas III SD Negerii Jruek?. Tujuan dari penelitian ini (a). supaya memaparkan keaktifan guru mengelola memanfaatkan media kartu angka pada materi  perkalian, (b). untuk memaparkan keaktifan siswa memakai media kartu angka, (c). untuk menganalisis pemanfaatan media belajar kartu angka pada materi perkalian siswa mampu menaikkan hasil pembelajaran di kelas Tiga SD Negeri Jruek Aceh Besar.

Pendekatan di Penelitian memakai pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek di penelitian ini yaitu semua  murid III SD Negeri Jruek Aceh Besar di mana total 18 siswa, 6 siswa wanita dan 12 siswa lelaki. Tehnik analisis dalam penelitian menggunakan rumus persentase.

Berdasarkan analisis data dalam riset ini menunjukkan (a). Keaktifan guru di putaran  satu 3,12 cukup, putaran dua 3,37  cukup, dan putaran tiga 3,62 baik. (b). keaktifan siswa  putaran satu 3,25 cukup, pada putaran dua 3,37 cukup, dan pada putaran tiga 3,75 baik. (c). Hasil belajar siswa pada putaran satu persentasenya 38,89, di putaran dua persentasenya 55,56, dan  putaran tiga persentasenya 83,33.

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A dan Uhbiyati N. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta. PT Rineka Cipta

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Trianto. 2011.Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh