Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri 8 Kota Sabang

M Iqbal, Said Darnius, Mahmud Mahmud

Abstract


Penerapan program usaha kesehatan sekolah mempunyai 3 komponen, yaitu pendidikan, pelayanan, dan lingkungan yang bersih. masalah yang ada di penelitian ini yaitu pelaksanaan program (UKS) di Sekolah Dasar Negeri 8 Kota Sabang, Faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan program (UKS) Apa saja kendala pelaksanaan program (UKS). Maksud dari adanya adalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program UKS, faktor yang mendukung pelaksanaan program UKS, kendala yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan program (UKS) di Sekolah Dasar Negeri 8  Kota  Sabang.

            Pendekatan yang digunakai adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah metode deskriptif. Data yamg diperoleh dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya semua data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 Penerapan program usaha kesehatan sekolah di SD Negeri 8 Kota Sabang dilaksanakan oleh pihak Sekolah Dasar Negeri 8 Kota Sabang. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan UKS di sekolah ini sudah dilaksanakan sebaik mungkin, baik dari kepala sekolah, pelaksana UKS dan beserta para pendidik. Faktor yang mendukung pelaksanaan program (UKS) adalah puskesmas, sekolah beserta wali murid. kendala yang terjadi dilapangan adalah terkandalanya jarak yang yang telalu jauh sehingga peserta didik yang sakit dan memerlukan penanganan lebih serius tidak tertangani dengan cepat. Jadwal yang tidak menentu dari pihak puskesmas terhadap penyuluhan disekolah. Tidak terstrukturnya jadwal penyuluhan dari puskesmas dengan sekolah. Kendala bisa di atasi karena adanya hubungan yang baik dari pendidik, wali murid, serta pihak puskesmas.

 


Full Text:

PDF

References


Fakhrudin, 2016. Survei Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Dan Peran Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) Dalam Pendidikan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kecamatan Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 04 Nomor 01. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Kasman, Thamrin, 2012. Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Mahfud, 2015. Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Semarang: Uns.

Nawawi, Hadari, 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yokyakarta: Gajah Mada University Press,

Prasetyo, dkk, 2014. Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Lombok Timur. Jurnal Kedokteran Yarsi Volume 2 Nomor 22. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh