PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI SENI RUPA MELALUI TEKNIK MONTASE KELAS IV DI SD NEGERI 3 SAMADUA ACEH SELATAN

Khalida zia Citra Pratiwi, Nurmasyitah Nurmasyitah, Rosma Ely

Abstract


Pada materi seni rupa melalui teknik montase merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kreativitas peserta didik materi seni rupa teknik montase kelas IV di SD Negeri 3 Samadua Aceh Selatan.

                Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini  berdasarkan hasil karya montase  peserta didik yang berada di lokasi penelitian. Kemudian karya montase tersebut dinilai untuk mengetahui pengembangan kreativitas peserta didik.

Teknik pengumpulan data  yang digunakan peneliti yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi dengan cara melihat proses pembelajaran berlangsung di lokasi penelitian, melakukan wawancara dengan guru kelas, kemudian mengambil dokumentasi hasil karya montase yang dibuat oleh peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perlu adanya pengembangan kreativitas anak yaitu khususnya seni rupa teknik montase supaya peserta didik lebih bebas mengembangkan kemampuan dan  kreativitas yang mereka miliki, bebas mengembangkan ide-ide yang menarik, dan tidak lupa motivasi serta bimbingan dari gurunya agar peserta didik mampu menciptakan suatu karya montase yang lebih baik.

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan kreativitas siswa pada seni rupa melalui teknik montase di sekolah ini sangat berkembang dengan baik. Karena guru menuntun kegiatan pengembangan krativitas sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, minat dan berekspresi menggunakan berbagai media seni rupa. Guru juga memberikan bimbingan dan motivasi agar peserta didik senang melakukan kegiatan berkarya yang berkaitan dengan pengalaman dan kemampuan yang dimilikinya.


Full Text:

PDF

References


Hawadi, Akbar, Reni. 2001. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.

Nurhadiat Dedi.2005.Kerajinan Tangan dan Kesenian.Jakarta : Grasindo.

Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA.

Sumanto.2006.Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depatemen Pendidikan Nasional.

Sofyan. 2012.Psikologi pendidikan.Bandung : Alfabeta.

Vatmawati.2015.”Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Teknik Mozaik Pada Kelompok B TK Muslimat NU TLOGOSARI SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016”. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Online), ( http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v4i2%20Oktober.15).

Wijaya Hengki.2018.Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teknologi. Makasar : Sekolah Tinggi Teologia Jaffray.

Wahyudin.2007.Anak Kreatif. Jakarta : Gema Insani.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh