KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENSCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH

DELisma Siregar, Linda Vitoria, Bukhari Bukhari

Abstract


 

Trends International Mathematics and Science Study (TIMSS) adalah salah satu survei internasional yang mengevaluasi tingkat kemampuan peserta didik di beberapa negara mengenai hasil belajar dalam bidang matematika dan sains. Untuk matematika SD, bidang yang diuji seperti penyajian data, bilangan, dan geometri. Pelaksanaan TIMSS dilakukan pada 4 tahun sekali dipelopori  International Association For The Evaluation Of Education Achievement (IEA) berkedudukan di Amsterdam, Belanda dilaksanakan pada bulan Maret-Juni untuk SD kelas IV dan SMP kelas VII.

Pada penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana kemampuan peserta didik mengerjakan soal matematika pada Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) dikelas V Sd Negeri 51 Banda Aceh. Apa saja kesulitan peserta didik menyelesaikan soal matematika pada Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) dikelas V Sd Negeri 51 Banda Aceh. Tujuannya mendeskripsikan kesanggupan peserta didik mengerjakan sola matematika pada Trends International Mathematics and Science Study (TIMSS) dikleas V Sd Negeri 51 Banda Aceh. Pada peneltian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis deskriptif. Jumlah orang yang diteliti sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengambilan data dengan memberikan tes dan wawancara.

Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 49.1 berada pada kategori cukup berdasarkan kategori penilaian menurut Arikunto (2010:35). Pada saat wawancara terungkap bahwa peserta didik adaa yang telah paham terhadap pertanyaan dan beberapa yang kurang paham. Peserta didik mengalami beberapa kesulitan seperti: (1) kurang menguasai materi bilangan, geometri dan penyajian data, (2) tidak terbiasa dalam soal penalaran, (3) bahasa soal terlalu susah dipahami sehingga tidak tahu apa yang ditanyakan dalam soal, (4) tidak terbiasa menjawab soal TIMSS, dan (5) mereka menjawab soal tersebut ada yang menggunakan rumus, logika, dan menebak-nebak.


References


Anwar, Rusliansyah. 2014. Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, Vol. 5 No. 1 April 2014: 98

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Cambridge Assessment International Education. 2011. International Surveys TIMMS, PISA, PIRLS.

Cahyati, Novi Dwi. 2017. Analisis Aspek Kognitif Timss 2015 Soal Pada Buku Ajar Matematika Kelas VIII Kurikulum 2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Dimyanti, dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

FKIP Unsyiah. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala.

Kamus Besar Bahasa Indonesia 2008:868.

Keswara, Ratih. 2013. Pembelajaran Matematika Di Indonesia Masuk Peringkat Rendah. Sindo News : Senin, 11 November 2013–02:40 WIB.

Mullis, Ina V.S. Martin, Michael O. Martin, 2009. TIMSS 2007 International Mathematics Report : Finding From IEA’s Trends In Iinternational Mathematics And Science Study At The Fourth And Eight Grades. Chestnut Hill : Boston College

Mullis.Ina V.S. 2012. TIMSS 2011 Assessment Framework. Chesnut Hills: Boston College.

Mullis,Ina V.S. Martin, Michael O., Editors. 2013. TIMSS 2015 Assessment Framework. Chestnut Hill : Boston College.

TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Chestnut Hill : Boston College.

Nurfuadah, Rifa Nadia. 2013. Penyebab Indeks Matematika Siswa Indonesia Terendah Di Dunia. Oke News: selasa, 08 Februari 2013-14:23 WIB.

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan pengembangan, 2015.

Sari, Dwi Cahya. 2015. “Karakteristik Soal TIMSS”. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slamet, dan Samsul Maarif. 2014. Pengaruh Bentuk Tes Formatif Assosiasi Pilihan Ganda Dengan Reward Dan Punisment Score Pada Pelajaran Matematika Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 3, No. 3, Februari 2014

Supatmono, Catar. 2009. Matematika Asyik. Jakarta: Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh