PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR (TAKALINTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN DI KELAS IV SDN 4 TAPAKTUAN ACEH SELATAN

Deltya Harina, Monawati Monawati, Nurmasyitah Nurmasyitah

Abstract


Penelitian iini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (TAKALINTAR) Terrhadap Hasill BelajarSiswa Pada Materi Perkalian Bersusun di Kelas empat SDN empat Tapaktuan Aceh Selatan. Adapun ruumusan masallah dallam penelitianini yaitu adakahpengaruh dari penggunaanmedia Tabel Perkalian Pintar (TAKALINTAR) pada materi perkalian bersusun terhadap hasillbelajar siswa di kelas IV SDN 4 Tapaktuan Aceh Selatan. Penelitianini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Tabel Perkalian Pintar (TAKALINTAR) terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian bersusun di kelas IV SDN 4 Tapaktuan Aceh Selatan.

Pendekkatan yaang dilakuukan dalampenelitian iniadalah pendekatan kuwantitatif denngan jenispenelitiannya yaitu pre-eksperimental. Penellitian ini dillakukan diSekolah Dasar Neegeri 4 Tapaktuan Aceh Selatan kelas IV Gampong Hilir, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 4 Tapaktuan yaitu 19 siswa. Pengambylan sampeldengan tekhnik total sampling. Teknikpengumpulan data mengggunakan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan nilai raata-rata, variyans, standar deviasi, dan pengujian hipote sis dengan uji-t, yaitu uji-t pihak kanan.

Data dio lah melalui statiistik uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Hasiil pengujiian hipo tesis uji-t dipeeroleh thitung  sebesar 2,12  lebih besar dari ttabel sebesar 1,73. Sehingga bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signivikan dari penggunaan media Tabel Perkalian Pintar (TAKALINTAR) terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian bersusun di kelas IV SDN 4 Tapaktuan Aceh Selatan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Fathturrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2017. Strategi Belajar Mengajar: Melalui penanaman konsep Umum dan Konsep Islami . Bandung: PT Refika Aditama.

Fauziah, Ulfa. 2016. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Dengan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Matematika Kelas IIISDN Prawit 1.

Ismail, dkk. 2004. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ngalim Purwanto, M. 1990. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riyadi. 2008. Matematika untuk SD/MI kelas IV jilid 4. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh