UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 BANDA ACEH

Cut Adelina, Muhammad Idham, Sulaiman Sulaiman

Abstract


Ketika proses belajar karangan deskripsi secara menulis di sekolah upaya guru meningkatkan keterampilan menulis sangatlah penting demi tercapainya tujuan belajar yang telah ditetapkan. Penelitian ini berusaha mengungkapkan bagaimanakah upaya guru meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi?. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya guru meningkatkan keterampilan mengaranag dengan cara menulis secara deskripsi.

Proses penelitian ini digunakannya jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian 3 orang guru. Pengumpulan datanya digunakan teknik wawancara dan observasi. Seluruh data dari observasi juga wawancara diolah dengan tahap analisis data yaitu, reduksi, penyajian, dan verifikasi.

Simpulan dari yang telah diteliti memperlihatkan bahwa  guru berupaya dengan memakai media, metode, dan sumber belajar yang bervariasi seperti: (1) media gambar dan lingkungan sekolah; (2) metode demonstrasi dan pengamatan objek; serta (3) sumbel belajar berupa buku paket dan buku cerita bergambar.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. (2015). Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Albanna, Dien. 2015. Writing Class. Jember: Mahakam Book Media.

Atmazaki. (2006). Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: Citra Darma.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta:Rajawali Pers.

Dimyaty. 2002. BelajardanPembelajaran. PT RinekaCipta.

Djmarah, Saiful. 2005. GurudanAnak Didik(Dlm InteraksiEdukatif).

Jakarta: PTRineka Cpta.

Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI.Jakarta : PT.

Fajar Interpratama Mandiri.

Rosidy, Imran. 2009. MenulisSiapaTakut . Jakarta : PTRaja GrafindoPersada.

Sagla, Syaifl. 2011. KemampuanProfesional Gurudan TenagaKependidikan.

Bandung : Alfbeta.

Setosari, Punji. 2010Metode PenelitianPendidikan danPengembangan. Jakarta :

KencanaPrenada MediaGroup.

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D). Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh