MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 1 PAGAR AIR

Budi K Asad, Monawati Monawati, Bakhtiar Hasan

Abstract


Dalam pengoperasian operasi hitung bilangan bulat di kelas IV sebagian besar peserta didik masih mengalami kesulitan. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran, bagaimana aktivitas peserta didik pada proses pembelajaran, dan apakah ada peningkatan hasil belajar  peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SDN 1 Pagar Air? Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan di kelas. Data penelitian ini bersumber dari peserta didik kelas IV-A SDN 1 Pagar Air dengan jumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan.

Teknik pengumpulan data penelitian ini dilaksanakan dengan tes serta observasi. Pemberian tes dilakukan dengan memberikan soal evaluasi disetiap akhir pembelajaran. Pada saat observasi, peneliti bertindak sebagai pengajar dan pelaksanaan pengamatan dilakukan oleh seorang pengamat yang merupakan teman sejawat. Pengolahan data dalam penelitian ini adalah: (1) tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran, (2) aktivitas peserta didik, (3) serta ketuntasan hasil belajar.

Berdasarkan hasil pengolahan data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Tingkat Kemampuan Guru (TKG) Mengelola Pembelajaran pada tindakan 1, 2, dan 3 yaitu 77,5; 80, dan 80. Persentase Aktivitas Peserta Didik pada tindakan 1, 2, dan 3 yaitu 81,2%, 88%, dan 91%. Dan nilai rata-rata hasil belajar tindakan 1, 2, dan 3 yaitu 86,7; 70, dan 75,7; dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III yaitu 79,2%, 83%, dan 87%.

 

 


Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitrah, Muh. & Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Suka Bumi: CV Jejak.

Panjaitan, Regina Lichteria. 2014. Evaluasi Pembelajaran SD Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pengantar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Samidi & Istarani. 2016. Kompetensi dan Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Medan: Larisapa.

Willis, Sofyan S. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh