KEMAMPUAN MENGARANG KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI SISWA KELAS V SD NAGARI 29 BANDA ACEH

Ade Anggraini Fahmal, Adnan Adnan, Sulaiman Sulaiman

Abstract


Dalam konteks mengarang karangan deskripsi dengan menggunakan gambar seri adalah kemampuan dalam  mengarang karangan deskripsi. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah tingkat kemampuan mengarang bebas dengan menerapkan gambar seri murid kls V SDNegeri 29 Banda Aceeh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 29 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. yang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Tujuan rumus tersebut digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V dalam mengarang karangan deskripsi dengan memakai gambar seri.

 

Dilihat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan nilai rata-rata adalah 80,15 berada pada kategori baik. Dilihat dari rumus presentase siswa sebanyak 14 orang siswa dengan persentase 43,75% memperoleh nilai 81-100 dengan kategori tingkatan Perfekk sangat, siswa sebanyak 16 orang siswa dengan persentase 50% memperoleh nilai 61-80 dengan kategori baik, dan siswa sebanyak 2 orang dengan presentase 6,25% memperoleh nilai 41-60 dengan kategori cukup. Simpulan pada penelitian ini adalah menyatakan bahwa kemampuanmengarang karangandeskripsi denganmenggunakan gambarseri kelas VSD Negeri 29BandaAceh berada pada kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi. 2010. EvaluasiProgramPendidikan. Jakarta:PT BumiAksara

Arsya, Azar. 2010. Mediapembelajaran.Jakarta: PTRaja GrafindoPersada

Dalman. 2012. Keterampilanmenulis.Jakarta: PTRaja GrapindoPersada.

Daludu. 2017. Krikulum dan Buku Ajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hidayah,Nurul. 2016. PembelajaranBahasaIndonesia. Yogyakarta:Garudhawaca.

KosasihAngkowo. 2007. MediaPembelajaran. Jakarta:Grasindo.

Madyawati, Lilies. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Anak. Jakarta: Kencana.

Pratowo,Andi. 2007. MenyusunPerencaan Pembelajaran(RPP) tematikterpadu implementasikurikulum 2013untukSD/MI. Jakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri.

Prinsa, Juni, Donni.2017.Pengembangan Strategi danModel PembelajaranBandung: CVPustaka

Riyana, Cepi dan Rudi Susilana. 2009. MediaPembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Rosidi, Imron, 2009, Keterampilan Menulis, Yogyakarta: Canisius (anggota IKAPI).

Sandono, Kundaru. 2014. PembelajaranKeterampilan BerbahasaIndonesia. Yoyakarta : GrahaIlmu

Siddik, Muhammad. 2016. Dasar-dasar Menulis Dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Suardi, Mh. 2018. BelajardanPembelajaran. Yogyakarta:Deepublish

Sudijoono, Annas. 2011. Pngantar Satistik Pndidikan. Jkarta: Rja Grpindo Persda.

Sugyono. 2016. Metde Peneltian Pndidikan. Bandung: Alfbeta

Syafaruddin. 2012. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Meda: IKAPI

Bowo, ahyu. 2003. ManajemenBahasa.Jakarta:PTGrmedia PustakaUtama.

WicaksonoAndri. 2014. MenulisKreatif BahasaDan BeberapaModel Pembelajarannya. Jakarta:Garudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh