PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI KARYA MOZAIK DI KELAS III SD NEGERI IBOIH KABUPATEN PIDIE

Resa Farina, Rosma Ely, Mislinawati Mislinawati

Abstract


Pengembangan kreativitas siswa dapat dikembangkan dengan berkreasi, sehingga siswa dapat menyalurkan bakat serta pontensinya dengan membuat karya mozaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Karya Mozaik di Kelas III SD Negeri Iboih Kabupaten Pidie.

            Pendekatan dalam penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 1 guru kelas III dan 21 siswa kelas III. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Seluruh data yang diolah dengan tahap analisis data yaitu reduksii data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitiannya adalah pengembangan kreativiitas siswa melalui pembuatan karya atau kerajinan mozaik di SD Iboih Kabupaten Pidie masih kurang dalam pengembangannya. Terlihat dari cara guru menerapkan langkah-langkah pembelajaran, mulai dari persiapan mengajar, penjelasan dan pembaharuan akan materi mozaik, serta media yang digunakan guru masih belum maksimal. Hasil observasi terhadap karya 1 dan karya 2 siswa terdapat pengembangan yang baik. Pada karya pertama terdapat 1 siswa yang mendapat nilai yang baik,16 siswa yang mendapat nilai cukup dan 4 siswa yang hasilnya masih kurang.

Pada observasi karya kedua terdapat 15 siswa yang mendapat nilai baik dan 6 siswa mendapat nilai  cukup. Dan dari hasil tanya jawab dengan guru di kelas tersebutdapat disimpulkan bahwa ada kekurangan dan cukup mempengaruhi pengembangan kreativitas siswa melalui karya mozaik, kurangnya materi mozaik yang terdapat dibuku tema serta kurangnya pemahaman siswa akan pentingnya karya seni rupa, serta kurangnya perhatian guru akan pentingnya karya mozaik,

Dari hasil penelitian inii kita simpulkan bahwa setiap siswa meliliki kreativitas yang baik dan luar biasa, namun karena masih kurang dalam penerapannya menyebabkan kurangnya kreativitas setiap siswa dalam membuat karya mozaik di kelas III SD N Iboih Kabupaten Pidie masih kurang dan harus ditingkatkan lagi.

 


Full Text:

PDF

References


Aji, Wisnu Nugroho. 2016. Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. (Online). Vol. 1, No 2, https://ejournal.udiksha.ac.id/indes.php//article/view/3125, di unduh 12 Januari 2019.

Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Pembelajaran Guru. Jakarta: Besari Buana Murni.

Al-Khalil, Amal Abdussalam. 2005. Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

FKIPUnsyiah. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala

Munanndar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Penyusun KBBI. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tumurang, Hetty J. 2006. Pembelajaran Kreativitas Seni Anak Sekolah Dasar Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh