PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA 1 SMAN 1 INDRAPURI

Mareza Diantari, M Hasan, . Habibati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, aktivitas, hasil belajar serta untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Osborn pada materi koloid. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Indrapuri yang berjumlah 16 orang, yang terdiri dari 14 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes tertulis dan angket tanggapan siswa. Intrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, soal tes, dan lembar angket tanggapan siswa.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini diperoleh persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada pertemuan I sebesar 78.78% dan pada pertemuan II sebesar 87.71%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal  sebesar 81,25%. Persentase rata-rata angket tanggapan peserta didik sebesar 93.12% termasuk katagori sangat baik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa  penerapan model pembelajaran Osborn dapat mengetahui hasil belajar siswa pada materi koloid.

Kata Kunci : Osborn, hasil belajar, aktivitas siswa, respon siswa, dan koloid

 

This study aims to determine, activity, learning outcomes and to determine the response of learners to the application of learning models Osborn on colloidal material. The type of research used is descriptive with qualitative approach. The subjects of this study are students of class XI IPA 1 SMAN 1 Indrapuri which amounted to 16 people, consisting of 14 women and 2 men. Technique of collecting data obtained from observation, written test and student response questionnaire. The instruments used are student activity observation sheets, test questions, and student response questionnaires. Data analysis technique is done by using formula percentage. The results of this study obtained the average percentage of learning activities of learners at the first meeting of 78.78% and at the second meeting amounted to 87.71%. Percentage mastery of student learning outcomes in classical equal to 81,25%. The average percentage of students' questionnaire responses of 93.12% includes an excellent category. The result of this research concludes that the application of learning model Osborn can know student learning result on colloidal material.

 

Kata kunci : Osborn, learning, student activity, student response and colloidal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.