Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media KOKAMI Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkembangan Model Atom Kelas X MIA 4 SMA Negeri 9 Banda Aceh

Ayu Mauliana, . Rusman, Ratu Fazlia Inda Rahmayani

Abstract


Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan  media KOKAMI di SMA Negeri 9 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media belajar terhadap hasil belajar, aktivitas, tanggapan siswa dan guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 9 Banda Aceh yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 51,72%  menjadi 82,76%. Aktivitas siswa meningkat dari 71,75% menjadi 91,25% dalam kategori sangat baik. Siswa yang memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan media KOKAMI ada 78,16% termasuk kategori baik, sedangkan persentase tanggapan guru diperoleh sebesar 85,42% termasuk kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT menggunakan media KOKAMI mampu  meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran kimia pada materi perkembangan model atom.

 

Kata Kunci : kooperatif,TGT, KOKAMI, media, hasil belajar, perkembangan model atom

Abstract :

Research has been carried on the type of Application of Teams Games Tournament (TGT) By Using KOKAMI Media in SMAN 9 Banda Aceh". The purpose of this study was to determine learning outcomes, activities, students’ and teacher’s responses. This study used a qualitative approach with descriptive research. Subjects in this study were students of class X MIA 4 SMA Negeri 9 Banda Aceh namely 31 students consisting of 18 male students and 13 female students. The results obtained that the learning outcomes of students increased from 51.72% to 82.76%. Activities of students also improved from 71,75% to 91,25% in the excellent category. Students gave positive responses towards learning by using KOKAMI media amounted to 78.16% included good category, while the percentage of teacher’s responses was obtained 85.42% includedexcellent category. Mastery learning students in the classical style of the realm of knowledge gained 86.20%. The results of this study, it can be concluded that the application of TGT model by using KOKAMI media can improve student learning outcomes and it can be used by teachers in teaching chemistry at the development of the atomic model.

Keywords: TGT, KOKAMI, media, learning outcomes, the development of the atomic model


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.