Penerapan Model ARCS Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon SMAN 1 Baitussalam

Retno Wiljeng, . Rusman, M. Nasir

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi hidrokarbon ditinjau dari segi motivasi dan minat belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif model one group pretest posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMAN 1 Baitussalam yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas, pemberian angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dari pertemuan I sebesar 87%, pertemuan II sebesar 87,50%, hingga pertemuan III sebesar 89,16%. Berdasarkan hasil angket, motivasi siswa tergolong baik dengan persentase sebesar 78,96% dan persentase minat siswa sebesar 82,37% tergolong baik sekali. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model ARCS memiliki ketuntasan sebesar 80,95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model ARCS hasil belajar siswa cukup tinggi, motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran juga tergolong baik.

 

Kata Kunci: ARCS, Ketuntasan Belajar, Hidrokarbon, Motivasi, Minat

 

Abstract

The purpose of research was to improve mastery of students’ learning on material of hydrocarbon in termmotivation and interest. Quantitative approach with type of descriptive was chosen to the research by modeling of one group pretest posttest design. The subject of the research was 21 students in classroom XI IPA 2 at State Senior High School Baitussalam, which is 7 of male students and 14 of female students. Data were collected by observed the activities, giving of questionnaire and holding of test. In consequence, instrumentations used for the research were observation sheet, questionnaire, and multiple choice questions. The result showed that activities was slightly increased from meeting I with a percentage of 87%, meeting II with a percentage of 87.05% and meeting III with a percentage of 89.16%. According to questionnaire, students’ motivation was good with a percentage of 78.96% and students’ interest was very good with a percentage of 82.37%. Then, learning outcomes of students by using model of ARCS have mastery with a percentage of 80.95%. Therefore, it can be concluded that using of ARCS can improve not only learning outcomes, but also motivation and interest of students.

 

Keywords: ARCS, mastery of learning, hydrocarbon, motivation, interest

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.