Analisa kesulitan Pemahaman Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Pada Siswa SMA Inshafuddin Tahun Ajaran 2015/2016

Tya Ulfah, . Rusman, Ibnu Khaldun

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan pemahaman konsep yang dialami oleh siswa kelas XI IPA SMA Inshafuddin. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil tes siswa terhadap materi kelarutan dan hasil kelarutan. Penelitian dilakukan di SMA Inshafuddin dengan subjek 24 orang siswa-siswi kelas XI IPA. Penelitian dilakukan melalui tes diagnostik dengan menggunakan instrumen tes uraian tentang konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kesulitan pemahaman konsep yang dialami oleh siswa kelas XI IPA SMA Inshafuddin pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan meliputi kesalahan penulisan persamaan reaksi ionisasi sebanyak 56,4%, penulisan ungkapan Ksp sebanyak 66,67%, faktor-faktor yang memengaruhi kelarutan 24,39%, pengaruh ion senama 12,5%, pengaruh pH terhadap kelarutan  75%,  dan hubungan Ksp dengan  Qsp 58,33%. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar siswa-siswi pada SMA Inshafuddin mengalami kesulitan dalam memahami konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan. persentase rata-rata siswa yang tidak memahami konsep adalah 95% mencakup seluruh konsep yang diujiankan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor yang berasal dari diri siswa dan faktor dari guru atau lingkungan.

 

Kata kunci: pemahaman konsep, tes diagnostik, kesulitan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.