IDENTIFIKASI MISKONSESPI SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTsN RUKOH

Moni Mutia Liza, Soewarno S, Marwan AR

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa di MTSN Rukoh kelas VIII pada konsep getaran dan gelombang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Rukoh  Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 120 siswa dan ditetapkan sample 28 orang yaitu kelas VIIIA. Penentuan sample dilakukan secara purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes diagnostik yang dilengkapi dengan CRI (Certainly of Response Index) dan wawancara. Pengolahan data menggunakan statistik sederhana dalam bentuk perhitungan persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat Lucky Guess (LG) sebanyak 11.24 %, Tahu Konsep (TK) sebanyak 26.75%, Tidak Tahu Konsep (TTK) sebanyak 25.17% dan Miskonsepsi (M) sebanyak 32.67%.

 

Kata kunci : Miskonsepsi, Tes diagnostik

 

Abstract

This study aims to identify misconceptions in students in class VIII MTSN Rukoh on the concept of vibrations and waves. The study population was a class VIII student MTsN Rukoh Banda Aceh the school year 2016/2017, amounting to 120 students and 28 are designated sample VIIIA class. Determination of sample is purposive sampling. The method used is qualitative descriptive method. The data collection was done by using a diagnostic test which is equipped with a CRI (Certainly of Response Index) and interviews. Processing data using simple statistical calculation in the form of a percentage. The result showed that the average level of Lucky Guess (LG) of 11:24%, Know Concepts (TK) as much as 26.75%, Do not Know Concepts (TTK) as much as 25.17% and Misconceptions (M) as much as 32.67%.

 

Keywords: Misconceptions, Diagnostic Tests.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.