PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII5 PADA MATERI CAHAYA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

Fauziah Mutia, Tarmizi Hamid, Agus Wahyuni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas guru dan aktivitas siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap penggunaan model pemebelajaran Think-Talk-Write dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII/5 SMP Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 29 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan tes, observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian ketuntasan belajar siswa meningkat dapat dilihat pada siklus I 60,0%, pada siklus II 70,0%, pada siklus III 100% yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I di kategorikan baik, pada siklus II dan III di kategorikan sangat baik. Hasil observasi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I dan II di kategorikan baik, pada siklus III di kategorikan sangat baik. Respon siswa terhadap model pembelajaran Think-Talk-Write ini mendapat respon positif sebesa 98%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) sangat baik, hasil belajar siswa meningkat serta mereka senang dengan adanya model pembelajaran tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banda Aceh.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), hasil belajar

 

Abstract

The study in order to determine the learning outcomes, the activities of teachers and student activities, teachers' skills in manage learning and students' response to the use of models pemebelajaran Think-Talk-Write in the learning process. This type of research is the Classroom Action Research (PTK). Subjects in this study were all students of class VIII / 5 SMP Negeri 1 Banda Aceh numbering as many as 29 people. The collection of data used in the study is to use tests, observation ability of teachers to manage learning, observation of student activities and student questionnaire responses. Based on the results of the study increased student mastery learning can be seen in the first cycle of 60.0%, 70.0% in the second cycle, the third cycle of 100%, which indicates that results for students already achieve mastery in classical. Results of activity observation of teachers and students in the first cycle categorized either, in cycle II and III categorized very well. The results of the observation skills of teachers in managing learning in cycle I and II is categorized either, in cycle IIIdi very well categorized. The response of students to the learning model Think-Talk-Write is a positive response sebesa 98%. Therefore it can be concluded that the learning model Think-Talk-Write (TTW) was very good, the result of increased student learning as well as they pleased with their learning model will be implemented in SMP Negeri 1 Banda Aceh.

Keywords: Learning Models Think-Talk-Write (TTW), learning outcomes


Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.