PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ariza Pratama, Tarmizi Hamid, A Halim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran generatif.Jenis Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IX.4 SMPN 8 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 orang.Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan non tes.Instrumen tes dalam bentuk soal pretest dan posttest, sedangkan instrument non tes dalam bentuk lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa terhadap pembelajaran.Keempat instrument non tes tersebut dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara individual dari 57% menjadi 89% dan ketuntasan klasikal juga meningkat dari 60% sampai mencapai 87,5%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas guru dan siswa.Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari kategori baik menjadi sangat baik.Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran juga sangat baik sekali dimana 90% siswa menyatakan senang terhadap penerapan model pembelajaran generatif dengan menggunakan laboratorium virtual. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dengan menggunakan laboratorium virtual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan aktivitas guru dan siswa, meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada materi listrik dinamis.

Kata kunci: model pembelajaran generatif, virtual laboratorium, hasil belajar

 

Abstract

This study aims to find out the result of  student learning, teacher and student activity, the ability of teachers in managing learning and students' response to the application of the generative learning model. This research is a type of class action (PTK) and the approach used in this research is descriptive statistical approach. The subjects of study  were students of class IX.4 SMPN 8 Banda Aceh the school year 2016/2017 totaling 21 people. Data collection instruments used in this study is a test and non test. Test instruments in the form of matter pretest and posttest, whereas the non-test instrument in the form of sheets of teacher and student activity observation, sheets teacher's ability in managing  learning and sheet of student responses of learning. The fourth non-test instrument are analyzed using percentages. The results showed an increase in student learning outcomes on an individual basis from 57% to 89% and classical completeness also increased from 60% to reach 87.5%. The increase also occurred in the activities of teachers and students. The ability of teachers in managing learning increases from good to be excellent category. In addition, the students' response to learning is also very well where 90% of students said he was happy of generative learning model application using the virtual laboratory. Based on this research can be concluded that the application of the generative learning model by using virtual labs can improve student learning results, increasing the activity of teachers and students, increasing the teacher's ability in managing learning in a dynamic electrical lesson.

Keywords: generative learning model, virtual labs, learning results

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.