PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH

Sri Wahyuni, Marwan AR, . Susanna

Abstract



Abstrak

Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran fisika di SMA Se-Kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik probability sampling yaitu Proportionate Stratified Random Sampling, yang mana pengambilan sekolah didasarkan pada sekolah yang memiliki media yang paling lengkap, dan sampel untuk penelitian ini adalah siswa SMA N 4 Banda Aceh kelas X, XI, XI yang diambil secara acak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di atas, terlihat bahwa media merupakan salah satu alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan sekolah diamana peneliti mengambil data, ada lima media yang digunakan oleh guru bidang studi fisika, media tersebut berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Microsoft Powerpoint, Flash Player, PhET dan E- Learning. Adapun hasil dari jawaban untuk tiap indikator ini menunjukkan bahwasanya LKPD serta Microsoft Powerpoint adalah media yang paling sering digunakan guru yang membuat siswa tertarik, dan merupakan media yang paling membantu siswa untuk memahami materi, menjadi lebih aktif serta memudahkan siswa dalam memperoleh ketuntasan.

Kata Kunci: Persepsi, Media, LKPD, Microsoft Powerpoint, PhET, Flash Player, E-Learning.          

 

Abstract

The study was a descriptive study. The approachment are used in this study is a qualitative approachment. The purpose of this study was to know that thestudent' perception of the use of physics learning media in high school at Banda Aceh. The sampling technique are used in this  study was probability sampling Proportionate Stratified Random Sampling, which the purpose is the school that has the most complete media, and samples for the study were students SMA N 4 Banda Aceh class X, XI, XI drawn at random. Based on the research that has been done above, it appears that the media is one tool used in learning. Where  school based researchers took the data, there are five media used by teachers in physics, in the form of media Worksheet Students (LKPD), Microsoft Powerpoint, Flash Player, PhET and E- Learning. The results of the answers to each of these indicators show that LKPD and Microsoft Powerpoint is the most frequently used by teachers who make students interested, and the media is the most help students to understand the material, become more active and easier for students to gain mastery.

Keywords: Perception, Media, LKPD Microsoft Powerpoint, PhET, Flash Player, E-Learning

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.