PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EDUCATION CARD TERHADAP PEMAHAMAN SISWA

Wiranda Sari, Marwan AR, . Melvina

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan SAVI dengan menggunakan media education card terhadap pemahaman siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 dan siswa kelas IX-8  SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun ajaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara tes. Tes yang dilakukan berupa soal pre-test dan pos-test untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kedua kelas tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, pemahaman siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada pemahaman siswa pada kelas kontrol dengan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada tabel  yaitu 2,840 > 1,684. Dengan menggunakan pendekatan SAVI dengan bantuan media education card, siswa menjadi lebih berminat dan aktif dalam pembelajaran karena adanya perpaduan indra dan intelektual dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan SAVI dengan menggunakan bantuan media education card terhadap pemahaman siswa pada kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Kata Kunci: Pendekatan  SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual), Media Education Card, Media Belajar, Pemahaman Siswa.

 

Abstrack

This study aims to find out whether there is the influence of SAVI in using media education card in students understanding or not. This study approached quantitatively through an experimental method. Subject in this study was the student of class IX-1 and IX-8 Banda Aceh. The data were collected by administering a test. The test was in the form of pre-test and post-test to measure students understanding before and after conducting some treatment. The result of analysis showed that understanding in experimental class were better that students understanding in control class. The result hypothesis indicated that T-test was higher that T-table, namely 2,840>1,684. By implementing SAVI through education card, the students became more interested and active because it was blended between intellectual sense and learning process. Therefore, it can be concluded that there is a significant influnce of SAVI through media card toward students understanding in class IX SMPN 8 Banda Aceh. 

Keywords:  SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) Learning Approach, Media Education Card, Media Learning, Students Understanding.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.