DAMPAK PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING TIPE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) TERHADAP RETENSI MENGINGAT KONSEP FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH

Yuni Riznani, A. Halim, Marwan AR

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang rendahnya kemampuan siswa dalam mengingat konsep dan materi ajar fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya dampak penggunaan model quantum teaching tipe VAK terhadap retensi mengingat konsep fisika siswa kelas VIII di SMPN 6 Banda Aceh. Jenis penelitian ini berbentuk eksperimen dengan desain control group time series design. Populasi penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Perolehan nilai rata-rata post-test dan re-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol berturut-turut yaitu 90,71>84,0 dan 81>71,60. Diperkuat dengan hasil thitung>ttabel yaitu 2,595>1,68 dan 3,67>1,68. Berdasarkan data dan hasil yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa model quantum teaching tipe VAK memberikan dampak terhadap retensi mengingat konsep fisika siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh.

 

Kata kunci : quantum teaching, VAK, retensi, konsep.

 

Abstract

The problem of this research is about the low ability of student to remember conceptd and material of physics. The purpose of this education research is to find the impact of the use quantum teaching type VAK for retention to remember the concept of physics for student at grade VIII of SMPN 6 Banda Aceh. The kind of this research is experimental with control group time series design. The population in this education research is all of students grade VIII of SMPN 6 Banda Aceh, and the sample is class VIII-1 as experimental class and class VIII-6 as control class. Technical to collect data use chief and test. The average score of posttest and retest experiment class higher than control class, that is 90,71>84,0 and 81,0>71,60. Supported by the result of tcount>ttable that is 2,595>1,68 and 3,67>1,68. Based on data and value of this research, so concluded that quantum teaching type VAK give impact on retention to remember the concept of physics for student at grade VIII of SMPN 6 Banda Aceh.

 

Keywords: quantum teaching, VAK, retention, concept.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.