Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa SMAN Banda Aceh

Dika Fadhila, Dahliana Abd., Nurbaity Bustamam

Abstract


Self-efficacy is believed to contribute to student career maturity. This research uses descriptive method with a quantitative approach to prove this. The study aimed to find out the picture of self-efficacy and career maturity in students of State High Schools in Banda Aceh and to determine the effect of self-efficacy on career maturity on students of State High Schools in Banda Aceh. The study population amounted to 1,076 students taking samples using cluster random sampling to obtain a sample of 292 students. Data collection used was two psychological scales. The results of descriptive analysis illustrate that students in State High School in Banda Aceh have self-efficacy and have career maturity in the medium category, namely (34.2%) and (41.4%). The results of simple regression analysis of self-efficacy towards career maturity produce a regression coefficient (R) of 0.330 with p <0.05 while the F_count is 5.337> F table of 3.89, then the determination index (R ^ 2) is (0.109) or (10.90% ) means that self-efficacy has an effect on career maturity in state high school students in Banda Aceh by 10.90%.

Keywords: Self-Efficacy, Career Maturity, High School Students

ABSTRAK

Efikasi diri diyakini memberikan kontribusi terhadap kematangan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk membuktikan hal ini. Penelitian ditujukan untuk mengetahui gambaran efikasi diri dan kematangan karir pada siswa SMA Negeri di Banda Aceh serta untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kematangan karir pada siswa SMA Negeri di Banda Aceh. Populasi penelitian berjumlah 1.076 siswa pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 292 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis berskala 4. Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa siswa SMA Negeri di Banda Aceh memiliki efikasi diri dan memiliki kematangan karir pada kategori sedang yaitu (34,2%) dan (41,4%). Hasil analisis regresi sederhana efikasi diri terhadap kematangan karir menghasilkan koefisien regresi (R) sebesar 0,330 dengan p < 0,05 sedangkan nilai F_hitung 5,337 > F_tabel  3,89 selanjutnya indeks determinasi (R^2) sebesar (0,109) atau (10,90%) artinya efikasi diri memberikan pengaruh terhadap kematangan karir pada siswa SMA Negeri di Banda Aceh sebesar 10,90%. 

Kata kunci: Efikasi Diri, Kematangan Karir, Siswa SMA


Full Text:

PDF

References


Al Faraqi, F. A. (2015). Pengaruh kelompok referensi dan efikasi diri terhadap pengambilan keputusan dalam memilih jurusan kedokteran siswa kelas XII IPA SMA N 1 Samarinda. Ejournal Psikologi, 4, 731-740.

Athanasou, J. A., & Van Esbroeck, R. (Eds.). (2008). International handbook of career guidance (Vol. 21). Springer Science & Business Media.

Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi (Edisi kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Chomariah, T., & Nugraha, S. P. (2013). Pelatihan Perencanaan Karier Dalam Meningkatkan Kematangan Karir pada Siswa SMK (Doctoral dissertation, Program Magister Psikologi Profesi).

Juwitaningrum, I. (2013). Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.

Pinasti, W. (2011). Pengaruh self-efficacy, locus of control dan faktor demografis terhadap kematangan karir mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses pada Agustus 2017 pada alamat http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1364

Prahesty, I. D., & Mulyana, O. P. (2013). Perbedaan kematangan karir siswa ditinjau dari jenis sekolah. Character, 2(1), 1-7.

Rahma, A. N. (2012). Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Psikoislamika.

Rogahang, S. D. (2011). Kematangan Vokasional Siswa SMK Negeri 2 Manado. ELEKTROMATIKA, 1(1), 33-43.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kulaitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta, Rineka Cipta

Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyuni, S. (2013). Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa SMK Negri 1 Samarinda. E Journal Psikologi, 1(1), 88-95.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Media Abadi.

Zulkaida, A., Made Taganing Kurniati, N., Retnaningsih, R., Muluk, H., & Rifameutia, T. (2012). Pengaruh Locus of Control dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). E-Journal Psikologi Universitas Gunadarma, Vol. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.