PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII MTsN MODEL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016

Rini Hardiyanti Ritonga, Thamrin Kamaruddin, Diah Rahmani Purnomowati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan hasil belajar siswa yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Take And Give dan model Pembelajran make a matc di MTsN Model Banda Aceh“. Permasalahan yang terdapat di MTsN Model Banda Aceh adalah siswa memiliki nilai ulangan yang rendah dan di bawah nilai KKM, siswa tidak memperhatikan guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang malu bertanya kepada guru dan lebih memilih diam atau bertanya kepada temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran take and give lebih baik daripada make a match siswa MTsN model Banda Aceh. Siswa MTsN model Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh yang berjumlah 308 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 dan VII-5 yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan pre test dan post-test kepada siswa. Hipotesis diuji dengan menggunakan rumus statistik Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 2,91. Nilai tersebut selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan (α) = 5% dengan derajat kebebasan (dk) =  +  – 2 maka diperoleh nilai ttabel = 1,67. Berdasarkan hasil ini ternyata nilai thitung > ttabel 2,91 > 1,67. menggunakan model pembelajaran take and give lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran make a match

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YramaWidya.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: BumiAksara.

Sadiman, Arif, dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2007. Intraksidan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Santoso, Leonita. 2003. Cooperative Learning, Memperaktikkan Cooperative Learning DalamRuangKelas. Jakarta: PT. Grafindo.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika Edisi 6. Bandung: Tarsito

Sunarto, Agung. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: