PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DENGAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE DALAM PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

Supri Ariu, Thamrin Kamaruddin, Abdul Wahab Abdi

Abstract


Penelitian ini berkaitan dengan perbandingan hasil belajar yang diperoleh siswa antara menggunakan penerapan model pembelajaran Learning Together dengan Children Learning in Science (CLIS), sehingga penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together dengan CLISdalam Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran learning together lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran CLIS.Populasi penelitian adalah sebanyak 213 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII6 dan VII7 yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa.Penentuan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa pemberian post-tes kepada siswa.Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji statistik t. Hasil pengolahan data post test yang diperoleh adalah > pada taraf signifikan 0,05.Berdasarkan kriteria uji penelitian ini maka disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran learning together lebih baik, artinya hipotesis diterima.


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anton M. Moeliono. 1991. Kamus Besar Bahaspa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Miftahul Huda. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Riduwan.2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pemebelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E,. Robert. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Batu Algesindo.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_____ 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_____ 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuanititatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

_____ 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Suharyono. 2004. Geografi Kurikulum 2004 Kelas 1 SMA. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyo, dkk. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2 (3), 939-944.

Sumatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya Remaja.

Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.