PENERAPAN METODE DRILLS BERBASIS MULTIMEDIA UNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMPN 2 BANDA ACEH

Mirza Fuadi, Alamsyah Taher, Thamrin Kamaruddin

Abstract


Penelitian ini tentang penerapan metode drills berbasis multimedia untukmeningkatkanhasil belajar siswa padamata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Peningkatan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru; dan (4) Respon siswa terhadap penerapan metode drills berbasis multimedia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMPN 2 Banda Aceh yang terdiri atas 30siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswaterhadap penerapan metode drills berbasis multimedia yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) Persentase ketuntasan individual pada siklus I yaitu63persendanpadasiklus II 80 persen. Secara klasikal, persentase ketuntasan pada siklus I yaitu 60 persendanpadasiklus II menjadi 90 persen; (2) Aktivitas guru dan siswa dikatakan meningkat dari siklus I sampai dengan siklus II; (3) Keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 2,45 dengan kategori sedang danpadasiklus II denganskor3,48dikategorikanbaik; (4) Respon siswa terhadap penerapanmetode drills berbasis multimedia dapat dikatakan positif.Ini terbukti bahwa siswa dapat memahami materi yang disajikan guru terhadap penerapanmetode drills berbasis multimedia.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisike Empat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiningarti, H. (1998). Belajardan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. dan Zain, A. (2006). Setrategi Belajar Mengajar. Bandung :Rineka Cipta

Djamarah, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

¬¬¬______________, 2000. Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2009). Metode Evaluasi dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Kemendikbud (2014). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar (2009). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muslich (2010). Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktik Bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rakim (2008). Multimedia dalam Pembelajaran, (On-line). Tersedia:(http://rakim-ypk.blogspot.com/2008/04/multimedia-dalam-pembelajaran.html., 8 Agustus 2015).

Redyanto, A. (2015). Multimedia. (On-line). Tersedia: (http://asepredyanto.blogspot.com/2015/01/multimedia.html, 8 Agustus 2015).

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhuinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sutopo (2006). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: