Analisis dampak Alih Fungsi Lahan Pertanian Sawah Terhadap Pendapatan dan Sistem Kehidupan Rumah tangga Petani di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

putri ivoni, Mustafa Usman, Azhar Azhar

Abstract


Abstrak. Alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian merupakan perubahan pengunaan lahan yang di ubah ke penggunaan lainnya sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kebutuhan pangan, pendapatan dan juga lingkungan. Pendapatan dibagi menjadi dua, yaitu pendapatan usahatani dan pendapatan rumah tangga. Pendapatan usahatani merupakan pendapatan yang diperoleh dari usaha dalam sektor pertanian, sedangkan pendapatan rumah tangga merupakan pendapatan yang diperoleh dari dalam maupun luar sektor pertanian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak alih fungsi pertanian sawah trehadap pendapatan dan sistem kehidupan petani di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usahatani seluruh responden mengalami penurunan pasca alih fungsi lahan yang di uji menggunakan rumus Future Value. Sedangkan untuk sistem kehidupan petani pasca alih fungsi lahan, petani mengelola strategi nafkah maupun pola adaptasi dengan memperoleh pendapatan yang berasal dari pendapatan rumah tangga (pendapatan dari dalam maupun luar sektor pertanian) yang di uji dengan menggunakan kuisioner.


Keywords


Alih Fungsi Lahan; Dampak Alih Funsi Lahan; Sistem Kehidupan;

Full Text:

PDF

References


Affan, F. M. (2014). Analisis Perubahan Penggunaan Lahan Untuk Pemukiman Dan Industri Dengan Menggunakan Sistem Informasi. Jurnal ILmiah Pendidikan Geografi, Vol 2. No 1.

Ardianti Nur Oktarina, S. S. (2013). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konversi Lahan Sawah dan Dampaknya Terhadap Sistem Penghidupan Rumah Tangga Petani (Studi Kasus: Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar). Surakarta: Program Studi Agribisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Arya Dwilandana Putri, N. D. (2013). Pengaruh Umur, Pendidikan, Pekerjaan Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Miskin di Desa Bebandem. E-Jurnal Ep Unud, Vol 2. No 4.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 10. No 1.

Badan Pusat Statistik. 2008-2017. Pendapatan Nasional National Income Of Indonesia 2006-2009. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Besar, B. A. (2013). Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan . Aceh Besar: Qanun Kabupaten Aceh Besar.

Dewi, N. K. (2010). Populasi dan Sampel Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Dinaryanti, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Alih Fungsi Lahan Pertanian Di Daerah Sepanjang Irigasi Bendung Colo Kabupaten Sukoharjo. Semarang: Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Dinda Trisnasari, D. A. (2010). Keputusan Rumah Tangga Petani dalam Alih Fungsi Lahan Pertanian di Desa Bumi Wangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung . Bandung: Analisis Bappeda Jawa Barat.

Listyawati, H. (2010). Kegagalan Dalam Pengendalian Alih Fungsi Tanah Dalam Perspektif Penatagunaan Tanah di Indonesia. Mimbar Hukum, Vol 22. No 1.

Manyamsari, I. (2014). Karakteristik Petani Dan Hubungan Dengan Kompetensi Petani Lahan Sempit. Agrisep, Vol 15. NO 2.

Mustopa, Z. (2011). Analisis Faktoe-Faktor Yang Mempengaruhi Alih Fungsi Lahan Pertanian Di Kabupaten Demak. Semarang: 2011.

Munajat. (2014). Perilaku Petani Dalam Alih Fungsi Lahan Dan Pertumbuhan Alih Fungsi Lahan (Studi Kasus Lahan Sawah Ke Lahan Perkebunan Karet) Di Sentra Produksi Padi Kabupaten Oku Timur. Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI): Dosen Fakultas Pertanian Universitas Baturaja.

Ndawa, J. J. (2014). Dampak Alih Penggunaan Lahan Pertanian Ke Non Pertanian Terhadap Kesempatan Kerja Dan Pendapatan Rumah Tangga Petani Di Kota Batu (Studi Kasus Desa Oro-Oro Ombo batu). Malang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Puspasari, A. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Alih Fungsi Lahan Pertanian dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Petani. Bogor: Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertannian Bogor.

Setiawan, H. P. (2016). Alih Fungsi (Konversi) Lahan Pertanian Ke Non Pertanian Kasus Di Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran Kota Samarinda . ejournal Sosiatri-Sosiologi, 4 vol (2).

Suharsimi, A. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono dalam Wan Mutiara Fahmi, A. T. (2016). Dampak Konversi Lahan Pertanian Sawah Terhadap Pendapatan Pemilik Lahan di Kecamatan Payed Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 1 No (1).

Turasih, S. A. (2012). Sistem Nafkah Rumah Tangga Petani Kentang Di Dataran Tinggi Dieng (Kasus Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Sosiologi Pedesaan, Vol 6. No 2.

Umi Barokah, S. S. (2010). Dampak Konversi Lahan Pertanian Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani Di Kabupaten Karang Anyar. karang Anyar: Fakultas Pertanian.

Wan Mutiara Fahmi, A. T. (2016). Dampak Konversi Lahan Pertanian Sawah Terhadap Pendapatan Pemilik Lahan Di Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, Vol 1. No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id