Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Rumah Tangga terhadap Minyak Goreng Curah di Gampong Lamtimpeung Kecamatan Darussalam Aceh Besar

Dede Ery Astuty, Teuku Fauzi, Mustafa Usman

Abstract


ABSTRAK

Permintaanadalahkeinginankonsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen rumah tangga terhadap minyak goreng curah dan menganalisis elastisitas permintaa konsumen rumah tangga terhadap minyak goreng curah di gampong Lamtimpeung kecamatan Darussalam, Aceh Besar. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 51 orng yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data yang digunakan adalah data primer dari konsumen rumah tangga di gampong Lamtimpeung kecamatan Darussalam Aceh Besar dengn menggunakan kuisioner dan data sekunder didapatkan dari Dinas Panngan Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang ditransformasikan kedalam logaritma natural. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan minyak goreng curah di gampong Lamtimpeung kecamatan Darussalam Aceh Besar secara signifikan adalah harga minyak goreng kemasan dan jumlah anggota keluarga, sedangkan faktor-faktor yang tidak berpengaruh secara signifikan adalah harga minyak goreng curah, harga ikan tongkol, jumlah pendapatan serta tingkat pendidikan. Elastisitas harga menunjukkan bahwa minyak goreng curah adalah barang inelastis dengan minyak goreng kemasan sebagai barang subtitusi sedangkan ikan merupakan barang komplementer dan elastisitas pendapatan menunjukkan bahwa minyak goreng curah merupakan barang inferior.

Kata Kunci: Permintaan, Minyak Goreng Curah, Elastisitas.

 

ABSTRACT

Demand is the desire of consumers to buy an item at various price levels over a period of time. The aims of this research is to analyze the factors that affect household consumer’s demand for bulk cooking oil and for analyze the elasticity of household costumer’s demand for bulk cooking oil in Lamtimpeung village of Darussalam, Aceh Besar. The location of this research is determind by using purposive method, sampling of this research is determind by using proportionate stratified random sampling with a total sample of 51 household consumers determind by using the Slovin formula. The primary data are collected from household consumers in Lamtimpeung village of Darussalam Aceh Besar, through direct interview by using quisioner and the secondary data are obtained from Dinas Pangan Provinsi Aceh. This research uses multiple linier regression analysis which are transformed into natural logarithms. The result of multiple linier regression analysis showsif the factors that influence the demand for bulk cooking oil in Lamtimpeung village of Darussalam Aceh Besar significantly are the price of package cooking oil and family members, while the factors not influence significantly are the price of bulk cooking oil, price of tuna, the amount of income and the level of education. Price elasticity indicates that bulk cooking oil is an inelastic item with packaging cooking oil as subtitution goods while tuna is a complementary goods and income elasticity indicates that bulk cooking oil is inferior goods.

Key word: demand, bulk cooking oil, alasticity.

 


Keywords


Permintaan, Minyak Goreng Curah, Elastisitas ; demand, bulk cooking oil, alasticity

Full Text:

PDF

References


Ahman., Eeng dan R. Yana. 2009. Teori Ekonomi Mikro. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Amang, B., Pantjar. S., dan Anas. R., 1996. Ekonomi Minyak Goreng di Indonesia. IPB Press. Bogor.

Amirullah., 2002. Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Penerbit: Graha Ilmu. Jakarta.

Arsyad, L., 1991. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Arsyad, A., 1996. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Asmidah. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran jeruk manis di pasar tradisional kota Medan provinsi Sumatera Utara. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Case, K.L. & Fair, R.C., 2005. Prinsip-prinsip Ekonomi Mikro. Edisi 7. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Daniel, M., 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta.

Ghozali, I., 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

GIMNI, 2014 dalam Utami 2014. Konversi Minyak Goreng Curah ke Kemasan Sederhana. Pusdiklat Perdagangan. Kementerian Perdagangan. Jakarta.

Hanafie, R., 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. ANDI Yogyakarta. Yogyakarta.

Hikmawati, K. A., Z. Arifin., dan K. Hidayat. 2016. Pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 37 (2) : 11.

Ikasari, D.M., P. Deoranto., R. Lutfian., dan R. Silalahi. 2016. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian beras organik. Jurnal Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. 17 (1) : 69 -78.

Joesron, Tati Suharti, Fathorrozi. 2003. Teori Ekonomi Mikro. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Ketaren, S., 1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Cetakan Pertama. UI-Press. Jakarta.

Kotler, P. & Armstrong., 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran 1. Edisi keduabelas. Erlangga. Jakarta.

Kurniawati, F. 2016. Analisis faktor yang menjadi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Beat 110cc. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Darma Persada. Jakarta.

Mantra, I. B. 2003. Demografi Umum. Pustaka Raja. Jakarta.

Manurung, Mandala dan Prathama Rahardja. 2004. Uang, Perbankan, dan Ekonomi

Moneter. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Martianto, D. 2005. Pengembangan Diversifikasi Konsumsi Pangan. Seminar Pengembangan Diversifikasi Pangan. 21 Oktober. Bappenas. Jakarta.

Matital, G., W. B. Parera. 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk olahan sagu. Jurnal Agribisnis Kepulauan. Universitas Pattimura. 1 (3) : 68-80.

Mustafid dan Aan Gunawan. 2008. Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian kripik pisang ”Kenali” pada PD. Asa Wira Perkasa di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 4 (2) : 123-140.

Nasution, A. N. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan rumah tangga terhadap sayuran organik di kota Bogor, Jawa Barat. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. IPB. Bogor.

Pracoyo, A. 2006. Aspek Dasar Ekonomi Mikro. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Pratama Rahardja dan Mandala Manurung, 2008. Teori Ekonomi Makro: Suatu Pengantar. Lembaga Penerbit FE UI. Jakarta.

Priyanti, D. 2012. Analisis Perilaku Permintaan Rumah Tangga dan Jumlah Pasokan Cabai Merah Keriting di DKI Jakarta. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Putri, M., S., M. B. Darus dan S. N. Lubis. 2014. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi gula pasir curah dan proses keputusan pembelian konsumen gula pasir curah di kota Medan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan. 3 (3).

Putry, A., B. S. Priyono dan M. Suryanty. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pembelian Minyak Goreng Curah pada Rumah Tanga di Kota Bengkulu. Jurnal AGRISEP. Fakultas Pertanian. Universitas Bengkulu. Bengkulu. 16 (1).

Ria Tetra Valencia S. 2013. Analisa Permintaan Bawang Merah Lokal di Kota Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Sadono, S., 2003. Pengantar Teori Mikroekonomi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Samosir, H. V. 2008. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap permintaan telur ayam kampung. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Shavana, B. D., M. B. Darus dan S. N. Lubis. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran minyak goreng curah di kota Medan. Skripsi. Fakultas Pertanian. USU. Medan.

Simatupang dan Purwoto, 2005. Ekonomi Minyak Goreng di Indonesia. PB Press. Bogor.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta. Bandung.

Tempo.co. 31 Januari, 2016. Minyak Goreng Curah Dilarang, Apa Dampaknya ke Pedangang?,(http://bisnis.tempo.co/read/740978/minyak-goreng-curah-dilarang-apa-dampaknya-ke-pedagang), diakses 12 Oktober 2017.

Todaro, M., 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Ketujuh Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Umar, H., 2000. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Widayat, Suherman dan K Haryani. 2006. Optimasi proses adsorbsi minyak goreng bekas dengan adsorbent zeolit alam: studi sengurangan bilangan asam. Jurnal Teknik GELAGAR. 17 (1).

Zikmund, W. G. 1997. Business Research Methods. Fifth Edition. The Dryden Press Harcourt Brace College Publishers. New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id