Pengaruh Harga, Jarak dan Biaya Pengangkutan Terhadap Volume Penjualan Buah Sawit Petani Pada PT. Fajar Baizury & Brothers Di Kabupaten Nagan Raya

Rizki Maulana, Teuku Makmur, Edy Marsudi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini membahas tentang pengaruh harga, jarak, dan biaya angkut pengangkutan terhadap volume penjualan buah sawit milik petani di Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel tersebut berpengaruh terhadap volume penjualan sawit. Populasi penelitian ini adalah seluruh petani yang datang untuk menjual sawit mereka pada PKS Fajar Baizury. Sampel penelitian ditetapkan  sebanyak 50 orang petani. Metode pengambilan sampel dilakukan secara sensus yaitu setiap petani yang datang untuk menjual sawit dijadikan sampel bila memenuhi syarat yang di tentukan oleh peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden, sedangkan data sekunder di peroleh dari data parik PKS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkah bahwa variabel bebas (independen) berpengaruh nyata terhadap variabel terikat (dependen), dimana harga, jarak, dan biaya angkut buah sawit berpengaruh nyata terhadap volume penjualan sawit.

 

Pengaruh Harga, Jarak, Transportasi Of The Volume Of Sale Palm Oil Of PT. Fajar Baizury & Brothers Di Kabupaten Nagan Raya


Abstrak. Penelitian ini membahas tentang pengaruh harga, jarak, dan biaya angkutan barang terhadap volume penjualan perkebunan buah milik petani di Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel memiliki efek pada volume penjualan Palm. Populasi penelitian ini adalah semua petani yang datang untuk menjual sawit mereka di PKS Dawn Baizury. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 50 orang adalah petani. Metode pengambilan sampel dilakukan sensus setiap petani yang datang untuk menjual minyak sawit membuat sampel ketika ditentukan memenuhi syarat oleh para peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden, sedangkan data sekunder diperoleh dari data parik PKS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas (independen) yang nyata berpengaruh terhadap variabel (dependen), di mana harga, jarak, dan biaya transportasi dari perkebunan buah berpengaruh nyata terhadap volume penjualan minyak sawit.



Keywords


Harga; Jarak; Biaya; Volume; Penjualan; Sawit; Price, Distance, Value, Volume, Sale, Palm Oil

Full Text:

PDF

References


Acharya, Amitaf. (2014). Indonesia Matters: Asia’s Emerging Democratic Power. Singapura: World Acientific Publising.

Almahdi, Syahza. (2002). Potensi Pembangunan Industri Hilir Kelapa Sawit di Daerah Riau, Dalam Usahawan Indonesia. Jakarta: Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Alfred dan Douglas. (1979). Teori Ekonomi (Permintaan dan Pengendalian), Edisi Kesatu. Penerbit Ghalia Indonesia

Anwar, Iful. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Surabaya: Jurnal Ilmu Dan Riset Volume 4. STIESIA.

Dirjen Perkebunan. (2014). Statistik Perkebunan Indonesia 2013-2015. Jakarta: Direktorat Jendral Perkebunan.

Irwati Abdul. (2007). Analisis factor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga jual dalam rangka pengembangan usaha. jurnal volume 4 No 3 ISSN 1693-9034

Kotler, Philip dan Amstong, Gerry. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Pahan, Iyung. (2008). Panduan Lengkap Kelapa Sawit, Cetakan Keempat. Jakarta: Penebar Swadaya.

Pardamean, Maruli. (2008). Panduan Lengkap Pengelolaan Kebundan Pabrik Kelapa Sawit. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Rangkuti, Freddy. (2007).Manajemen Persediaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sastrosayono, S. (2008). Budidaya Kelapa Sawit. Jakarta: Agromedia.

Suharnan, (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

SaptaPranoto, Yudi. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani Terhadap Hasil panen lada Putih di Kecamatan Simpang Tiga Teritip Kabupaten Bangka Baratat. Fakultas pertanian. Bangka bilitung: Perikanan dan Biologi Universitas.

Terry, George dan Leslie, W. Rue. Dasar-Dasar Manajemen Cetakan Ke-11. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

William, J Stanton. (2002). Prinsip Pemasaran. Terjemahan Alexander Sindoro. Jakarta: Erlangga.

Widi Susanti, Lisna. (2008). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani Dalam Penerapan Pertanian Padi Organic Di Desa Sukorejo Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen. Surakarta: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Windoyo, Riky F. (2009). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada

Waroeng Steak & Shake Semarang). Skripsi S1. Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id