Faktor-Fakror Yang Mempengaruhi Beralihnya Petani Nilam Ke Serei Wangi Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Muliadi Muliadi, Elly Susanti, Safrida Safrida

Abstract


Alih fungsi lahan pertanian nilam ke serei wangi karena dinilai bertani serei wangi lebih menguntungkan dari pada bertani nilam dan mendapatkan hasil yang lebih tinggi. Tentunya dalam berusaha tani masyarakat akan memilih tanaman yang tidak banyak terkena penyakit, gangguan hama dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlu untuk melakukan peralihan lahan dari tanaman nilam ke serei wangi sehingga dapat mengurangi tingkat kegagalan dalam berusahatani.Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues.Objek dalam penelitian ini adalah petani yang beralih dari tanaman nilam ke tanaman serei wangi di Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode analisis diskriptif dengan cara wawancara langsung dengan masyarakat yang melakukan peralihan lahan.


Keywords


Perception ; Land function change ; Patchouli ; Lemongrass ; Persepsi ; Alih fungsi lahan ; nilam ; serei wangi.

Full Text:

PDF

References


Basir, 2015.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Petani Melakukan Alih Usahatani di Kecamatan Rio Pakaya Kabupaten Donggala. Jurnal Agroland. Vol. XXII. No 1. Tahun 2015.

Budi, M. 2019. Keragaman Genetik Heritabilitas dan Korelasi Antar Karakter Kuantitatif Nilam.Industrial Crops Research jurnal Vol 15. No 1. Tahun 2009.

Direktorat Jendral Perkebunan, 2016. Statistik Perkebunan Indonesia 2004-2005. Serai Wangi. Departemen Pertanian Jakarta.

Damodar N. Gujarati. 2007. Dasar-Dasar Ekonometrika. Edisi Ketiga, Hal. 82-104.

Ferdinand, 2006.Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdan, 2012.Ekonomi Konversi Lahan Menjadi Kebun Kelapa Sawit di Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma Provensi Bengkulu. Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Hobir. 2002. Pengaruh selangpanen terhadap pertumbuhan dan produksi Nilam.J. Littri. 8:103-107.

Matakena. S. 2013. Faktor Yang Mempengaruhi Peralihan Uaha Tani Padi ke Usaha Jeruk Manis.Universitas Satya Wiara Mandala Nabire Papua. Jurnal Agribisnis Kepulauan. Vol 2. No 2. Tahun 2013.

Maryanto. MA. Faktor faktor yang mempengaruhi konversi lahan kopi ke lahan jeruk. Universitas Bengkulu. Jurnal Agrisep. 11 ( 2) : 2012 . 133 – 144.

MangunHMS. 2005.Nilam. Jakarta: Penebar Swadaya.

MelatidanD,Rusmin.2008.PengaruhJenis KemasanTerhadapMutudan PertumbuhanStekNilamBerakar(PogostemonCablinBenth)Selama Penyimpanan.IndustrialCropsResearchJournal. 14 (1) :1-6.

Nuryani,Y,EmmyzardanA.Wahyudi.2007.Perbenihandan Budidaya PendukungVarietas Unggul.PusatPenelitiandanPemgembangan Perkebunan.Bogor.

Nasoetion L, J Winoto. 1996. Masalah Alih Fungsi Lahan Pertanian dan Dampaknya terhadap Keberlangsungan Swasembada Pangan. Prosiding Seminar Persaingan dalam Pemanfaatan Sumberdaya Lahan dan Air. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Prasetya, D. 2015. Dampak Alih Fungsi Lahan dari Sawah ke Tambak Terhadap Mata Pencaharian Masyarakat Desa.Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Rahmaniya Hasni, 2019. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Alih Guna Lahan Jagung Menjadi Lahan Nilam Pada Masyarakat Petani di Desa Sawerigadi Kecamatan Barangka Kabupaten Muna Barat.Universitas Halu Oleo.Kendari. Jurnal Pendidikan Geografi Vol 4. No 3. 2019.

Ramli. 2015. Analisis Alih Fungsi Lahan Padi Menjadi Lahan Sawit di Desa Kemuning Muda Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak. Universitas Riau. Riau. Jurnal Jom Fisip Vol 2. No 2. 2015

Romansyah. 2002. Studipengembanganagroindustriminyak nilam(patchoulioil) skalakecildi Kabupaten Asahan-Sumaetra Utara. skripsi.Fakultas Teknologi Pertanian,Institut PertanianBogor.

Sulkani, 2015.Perbandingan Pendapatan Antara Petani Nilam dengan Sereh Wangi di Kecamatan Trangun Kabupaten Gayo Lues.Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.

Setiawan, A. 2013.Arahan Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian Menjadi Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Katingan. Universitas Palangka Raya. Palangkaraya.Jurnal Teknik ITS Vol. 2.No. 3.Tahun 2013.

Sugiyono, 2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Surjaweni, V. W., 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utomo. 1992. Alih Fungsi Lahan: Tinjauan Analisis dalam Makalah Seminar Pembangunan dan Pengendalian Alih Fungsi Lahan. Universitas Lampung. Lampung

Vera.2016. proses Peralihan Usaha Tani Nilam ke Serai Wangi di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues Tahun 1998-2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Winoto J. 2005. Kebijakan Pengendalian Alih Funsi Tanah Pertanian dan Implementasinya. Prosiding Seminar Penanganan Konversi Lahan dan Pencapaian Pertanian Abadi. LPPM IPB. Bogor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id