Analisis Pendapatan Usahatani Sayuran Berdasarkan Pola Tanam Usahatani di Desa Barabung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Riska Devi Hastrianty, Otto Nur Abdullah, Zakiah Zakiah

Abstract


Tanaman sayuran merupakan salah satu komoditi tanaman yang memiliki peluang untuk ditingkatkan produksinya. Sehingga dalam melakukan kegiatan usahatani sayuran, analisis perhitungan sangat diperlukan untuk dapat memberikan gambaran tentang produksi serta harga jual yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat pendapatan petani dalam berusahatani sayur-sayuran. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pola tanam usahatani sayuran yang terjadi di Desa Barabung dan mengetahui tingkat pendapatan berdasarkan pola tanam usahatani sayuran di Desa Barabung. Populasi pada penelitian ini merupakan petani yang yang berusahatani sayuran di Desa Barabung yang berjumlah 15 orang dengan penngambilan sampel yang dilakukan secara sensus pada petani-petani yang melakukan kegiatan usahatani sayuran di Desa Barabung. Teknik pengambilan sampel ini digunakan pada penelitian yang memiliki jumlah sampel terbatas. Sehingga seluruh populasi pada penelitian ini dijadikan sampel yaitu sejumlah 15 orang. Dimana 6 orang menerapkan pola tanam monokultur dan 9 orang menerapkan pola tanam tumpang sari selama tiga musim tanam dalam setahun terakhir. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis pendapatan menggunakan B/C ratio. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keuntungan pola tanam tumpang sari lebih tinggi dari pola tanam monokultur.


Keywords


Pendapatan; Pola Tanam; Usahatani Sayuran ; Income; Planting Pattern; Vegetable Farming

Full Text:

PDF

References


[BPS Kecamatan Darussalam] Badan Pusat Statistik Kecamatan Darussalam. Kecamatan Darussalam Dalam Angka 2016-2018.

Eko Haryanto, dkk. 2007. Sawi dan Selada Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Hernanto, Fadholi. 1995. Ilmu Usahatani. Jakarta. Penebar Swadaya.

Idani, FR. 2012. Analisis Pendapatan Usahatani dan Optimalisasi Pola Tanam Sayuran di Kelompok Tani Pondok Menteng Desa Citapen Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Jawa Barat. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Rukmana, R. 1994. Kangkung. Kanisius. Yogyakarta.

Rukmana, R. 1995. Bawang Daun. Kanisius. Yogyakarta.

Rukmana, R. 2006. Usaha Tani Cabai Rawit. Kanisius. Yogyakarta.

Sastradiharja. 2011. Sukses Bertanam Sayuran Secara Organik. Angkasa Bandung. Bandung.

Sianturi, M. 2013. Analisis Usahatani Sayuran. Journal on Social Economic of Agriculture and Agribusiness. Vol 2. No 1. Halaman 1-15.

Silitonga, SM. 2013. Analisis Komparasi Tingkat Pendapatan Usahatani Kopi Dengan Berbagi Pola Tanam (Monokultur dan Polikultur) di Kabupaten Dairi Kecamatan Sumbul Desa Tanjung Beringin. Journal on Social Economic of Agriculture and Agribusiness. Vol 2. No 3. Halaman 1-15.

Zulfahmi, R. 2016. Analisis Perbandingan Pendapatan Petani Pola Tanam Monokultur dan Polikultur di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah. Vol 1. No 1. 305-313


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id