Indeks Kepuasan Petani Padi Terhadap Pemakaian Pupuk NPK Phonska PT. Petrokimia Di Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar

Aulia Mirza, Irwan A. Kadir, Romano Romano

Abstract


Kepuasan menjadi hal penting guna terciptanya keuntungan antar dua pihak atau lebih terhadap pemakaian suatu produk, dalam penelitian ini yang mejadi fokus peneliti adalah kepuasan petani padi terhadap pemakaian pupuk NPK Phonska PT Petrokimia, menjadi sangat penting apabila perusahaan mampu menciptakan brand-image kepada petani padi yang ada didaerah Kuta Malaka. Dalam penelitian terdapat 5 faktor yang menjadi pemicu kepuasan konsumen, 5 atribut kepausan konsumen diuraikan dalam bentuk instrumen pertanyaan, dimana instrument tersebut berdasarkan penilaian petani padi yang berada di Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan petani padi terhadap pemakaian pupuk NPK Phonska PT Petrokimia di Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CSI (Costumer Satisfaction Index) pada range skala 0,51-0,56 % (Cukup Puas), yang artinya petani menginginkan peningkatan hasil panen, dan harga pupuk yang murah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kualitas produk, kualitas pelayanan, emosi, harga dan kemudahan dalam mendapatkan pupuk PT Petrokimia. Nilai signifikan dari analisis Chi-Square pemakaian pupuk NPK Phonska PT Petrokimia terhadap faktor kepuasan petani.


Keywords


Kepuasan Konsumen, Faktor Kepuasan, Pupuk NPK Phonska

Full Text:

PDF

References


Anggraini, L. D., Panji, D. dan Dhita. M. I. 2015. Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan

Metode Importance Performance Analysis dan Costumer Satisfaction Index. Jurnal Industri. Vol. 4 No. 2.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Agustina, S, 2013. Jurnal Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Unit Pelayanan Instansi

Pemerintah.Studi Implementasi Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur

Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 di Kantor Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung.

Dianto, I.W, 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Waroeng Steak and Shake JL.

Cendrawasih No. 30 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Departemen Pertanian, 2007. File : Perkiraan Kebutuhan pupuk 2007 - 2015 – 080806.

Deptan, Deprin.

Eriawan, Nurcahya Luis. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan

Konsumen dalam Menggunakan Mobil Merek Honda Jazz. Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariatev dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariatev dengan Program IBM SPSS 20.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gama, 2016. Analisis Kepuasan Petani Terhadap Penggunaan Pupuk Organik Pada

Tanaman Padi. Program Studi Manajemen dan Bisnis, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor.Jurnal Agro Ekonomi. Vol. 34.

Sudarto, 2014.Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Publik

PT Air Manado.Hasil penelitian Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota Universitas Sam Ratulangi Manado.Sabua Vol. 6. ISSN 2085-7020.

Guswanto, 2012. Analisis Indeks Kinerja Pengelolaan dan Indeks kepuasan Pengguna Di

Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta. Jurnal Perikanan dan Kelautan.Vol. 3. ISSN 2088-3137.

Iswayanti, Ika Putri. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga

dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan”Soto Angkringan Mas Boed” di Semarang). Universitas Diponegoro. Semarang.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas.

Indeks. Jakarta.

Normasari, 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Citra

Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan.Survei pada Tamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol. 6.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Manajemen. Edisi Revisi. Andy,

Yogyakarta.

Sugiyono, 2013.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Alfabeta. Bandung.

Simamora H. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke-3. Cetakan Pertama. (ID):

STIEYKPN. Yogyakarta.

Syukri, S. H. A. 2014. Penerapan Costumer Satisfaction Index (CSI) dan Analisis Gap pada

kualitas Pelayanan Trans Jogja. Jurnal JITI. Vol. 13 No. 2.

Santoso, S. 2006. Seri Solusi Bsinis Berbasis TI. Menggunakan SPSS dan Excel Untuk

Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Gramedia Pustaka Utama.

Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id