Strategi Pengembangan Pabrik Pakan Ternak Ayam Ras Petelur Di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus Pada Pabrik Pakan Ternak UPTD Balai Ternak Non Ruminansia)

Muhammad Nizam Auza, Teuku Fauzi, Otto Nur Abdullah

Abstract


Provinsi Aceh melakukan impor pakan dari luar daerah, khususnya dari Medan.Dikarenakan ketergantungan pakan yang berasal dari luar daerah, Aceh tidak dapat mengontrol harga pakan yang beredar sehingga harga pakan yang ada berfluktuasi. Pasar pakan sendiri dikuasai oleh dua perusahaan besar, Seperti yang di kutip dari dinas peternakan Aceh. Harga pakan di aceh yaitu sebsar 7.200 rupah per kilogramnya. UPTD Balai Ternak Unggas Non Ruminansia yang mulai beroperasi sejak tahun 2013 dengan total anggaran untuk pembangunan pabrik sebesar 4,5 miliar rupiah.Maka dari itu perlu dilakukannya pengembangan terhadap pabrik dengan mengetahui strategi-strategi yang tepat, guna keberlansungan untuk terus bereproduksi. Penelitian strategi pengembangan pabrik pakan ternak bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal apa yang mempengaruhi pengembangan pabrik pakan, serta untuk mengetahui strategi pengembangan yang menjadi alternatif pada Pabrik Pakan Ternak Ayam Ras Petelur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kunci internal pada kekuatan yang dimiliki adalah keuangan/modal yang mencukupi, manajemen usaha yang teratur, bahan baku yang telah tercukupi, kualitas dan mutu produk yang mempuni, lokasi usaha yang strategis, promosi melalui media cetak dan faktor internal pada kelemahan terdiri dari sumberdaya manusia yang masih kurang, produksi yang terbatas, belum adanya label, dan merek dan harga yang belum ditetapkan. Faktor Ekstrnal pada peluang adalah pangsa pasar yang besar, kerjasama dengan pemasok, harga bahan baku yang stabil, kebijakan pemerintah yang sangat mendukung, sosial ekonomi masyarakat dan hubungan yang baik dengan konsumen dan faktor eksternal pada ancaman terdiri dari permintaan yang belum bisa disanggupi, persaingan yang banyak, kurangnya bahan konsentrat dan perubahan selera konsumen. Pabrik pakan ternak dalam pengembagan usahanya berdasarkan hasil analisis SWOT berada pada kuadran I yang berarti strategi agresif (Sstrategi SO)  yaitu strategi memperluas jaringan dan pemanfaatan pangsa pasar. Dan strategi ini terdapat 5 strategi pengembangan, yaitu : 1) Menggunakan modal dengan efektif dan meningkatkan produksi guna memenuhi permintaan pasar yang besar; 2) Memperat kerjasama dengan produsen dan konsumen sehingga pabrik dapat beroprasi dengan stabil; 3) Menetapkan harga jual karna stabilnya harga bahan baku; 4) Meningkatkan kualitas dan mutu produk agar dapat bersaing dengan produk lainnya; 5) Meningkatkan produksi untuk dapat memenuhi permintaan konsumen.


Keywords


Strategi; Pengembangan; Pabrik; Pakan Ternak; Strategy; Development; Factory; Fodder

Full Text:

PDF

References


Aedah, S. 2016. Perancangan Strategi Bersaing Industri Unggas Ayam Kampung (Studi Kasus PT. Dwi dan Rachmat Farm, Bogor). Tesis. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Alamsyah R. 2005. Pengolahan Pakan Ayam dan Ikan Secara Modern. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Anas S, Zubair A, Rohmadi D. 2011. Kajian pemberian pakan kulit kakao fermentasi terhadap pertumbuhan sapi bali. Agrisistem. 7(2):79-86.

David, F. R. 2006. Manajemen Strategis - Konsep (10 ed.). Salemba Empat. Jakarta.

David, F. R. 2009. Managemen Strategis – Konsep (12 ed). Salemba Empat. Jakarta.

Handoyo.2013. Produksi Pakan Bisa Tunbuh 12% di Tahun Ini.Kontan.14 Januari 2013. Hal 5

Hasibuan, N. 1993.Ekonomi Industri: Persaingan, Monopoli dan Regulasi. LP3ES, Jakarta.

Hunger JD, Wheelen TL. 2001. Manajemen Strategis. Andi.Yogyakarta.

Jauch Lawrence R. & Glueck William F. (1989).Manajemen Dan Strategis Kebijakan Perusahaan. Erlangga. Jakarta.

Kementrian Perindustrian Republik Indoensia. Berita: Pertumbuhan Industri Pakan Ternak Melambat. http://kemenperin.go.id/artikel/7974-Pertumbuhan-Industri-Pakan-Ternak_Melambat. Diakses tanggal 24 Mei 2019.

Kementerian Pertanian RI. 2015. Outlook Komoditas Pertanian Subsektor Tanaman Pangan : Jagung 2015. Pusat Data dan Sistem Informasi, Kementerian Pertanian RI., Jakarta.

Khazali, R. 1992. Manajemen Periklanan, Konsep, dan Aplikasinya di Indonesia. PT Pustaka Utama Graviti. Jakarta

Kinnear, T. C., & Taylor, R (1998) Riset Pemasaran.Jakarta; Erlangga.

Ling, A. 2013.Pengelolaan dan Pengembangan Usaha pada Usaha Mikro Kecil Mengah (Studi Deskriptif pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). Jurnal Agora. 1: 1 (1).

Marimin, M. 2008. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen

Rantai Pasok. Bogor: IPB Press.

Martin, S,M dan Anwar, Y. 2012. Impact of Corporate Social Responsbility Toward Firm Value and Profitability. The Business Review. Cambridge: Vol 19

Nurmalina, et al. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Bogor : Departemen Agribisnis FEM-IPB.Parakkasi A. 1999. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminansia.Universitas Indonesia Pr. Jakarta.

Pearce, J., & Robinson, R. (2007).Formulation, Implementation, and Control of Competitive Strategy. NY: McGraw-Hill.

Pearce II, J.A., and R.B. Robinson. 2000. Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control, Seventh Edition. Malaysia: McGraw-Hill International Editions.

Purba H J. 1999. Keterkaitan Pasar Jagung dan Pakan Ternak yam Ras di Indonesia: Suatu Analisis Simulasi.Tesis.Program Pascasarjana.Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Ramli, H. 2018. Pabrkik Pakan Ayam Kembali Beroperasi. Serambi Indonesia: 09 Agustus 2018. Hal 17.

Rangkuti, F. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rasyid, M.M. 2017. Strategi Pemasaran Ayam Buras di Desa Tugondeng Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba.Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.

Reksohadiprodjo, S. 2003, Manajemen Strategi, Edisi Keempat. BPFE Universitas Gadjah Mada.Yogyakarta.

Retnani Y. 2011. Proses Produksi Pakan Ternak. Bogor (ID): Ghalia Indonesia.

Rosmiati.2017. Analisis Kelayakan Pabrik Pakan Ternak Dengan Pemanfaatan Limbah Pertanian dan Agroindustri di Kecamatan Cigugur Kuningan.Skripsi.Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Setyoeini, H. et al. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus : Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri.Vol. 5. No 1 : 46:53. ISSN 2252-7877

Sugiono, S dan Bambang H. 2013.Manajemen Bisnis dan Pengembangan fungsi produksi/operasi bisnis pakan ternak unggas pada PT. XYZ unit gedangan di Siduarjo. Jurnal Agora. 1: 1

Suharno, B dan Nazaruddin., 1994. Ternak Komersial. Penebar Swadaya. Jakarta.

Suprijatna, E., Umiyati Atmomarsono, Ruhyat Kartasudjana. 2008. IlmuDasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya. Jakarta

Tillman A, et al. 1984. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gajah Mada University Pr. Yogyakarta.

Tsaniyah L, Hartisari Hardjomidjojo dan Sapta Raharja. 2014. Optimisasi Model Keamanan Pangan Pada Sistem Manajemen Industri Pakan Unggas. Proceed. Seminar Nasional IDEC 2014-Surakarta.

Yunianto, A. F. 2015. Urgensi Tradisi Gaduh Bagi Hasil Hewan Ternak Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Pendapatan Masyarakat Di Dusun Jeruk Wangi Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Yunus, A. 2009.Guru dan Pembelajaran Bermutu. Rizki Press. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id