Analisis Kelayakan Finansial Agroindustri Tahu di Desa Lamteumen Barat Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh

Nova Fitrah Zahara, Lukman Hakim, Zakiah Zakiah

Abstract


Abstrak. Industri pangan mempunyai prospek bisnis yang baik dan keberadaannya selalu dibutuhkan, salah satu industri pengolahan yang banyak dijalankan adalah industri berbasis kedelai. Produk pangan hasil olahan kedelai yang sudah cukup dikenal di Indonesia adalah produk olahan tahu. Selain harganya yang cukup murah, tahu bernilai gizi tinggi. Banyaknya permintaan konsumen akan tahu akan menyebabkan banyaknya industri tahu bermunculan. Salah satu pengusaha tahu yang terdapat di Aceh adalah Industri Tahu Rion di Desa Lamtemen Barat Kecamatan Jaya Baru kota Banda Aceh. Namun industri tahu Rion menggunakan bahan baku kedelai impor dalam memproduksi tahu walaupun harganya lebih mahal dari harga Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan agroindustri tahu rion di desa Lamteumen Barat Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh ditinjau dari aspek finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agroindustri tahu rion di desa Lamteumen Barat Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh layak dijalankan dilihat dari aspek finansial dengan nilai NPV bernilai positif, Net B/C lebih besar dari 1, IRR lebih besar dari discount factor 10% dan nilai Break Event Point (BEP) lebih cepat dari umur ekonomis usaha. Dari analisis sensitivitas, kenaikan biaya produksi 10% tanpa diikuti kenaikan benefit dan penurunan benefit 10% dengan biaya produksi tetap menunjukkan bahwa usaha agroindustri tahu Bapak Rion tidak layak untuk dilanjutkan dan sangat berpengaruh terhadap kelayakan usaha tahu bapak Rion. 


Keywords


Kelayakan Usaha; Kedelai; Tahu;

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar. A. 2018. Analisis Kelayakan Finansial Agroindustri Tahu “Rds” (Studi Kasus Di Agroindustri Pengolahan Tahu “Rds” Kecamatan Singosari Kabupaten Malang). Jurnal Agribest 02 (02) : 174 – 178.

Fadli. 2017. Analisis Kelayakan Finanansial Pada Industri Tahu Mitra Cemangi di Kota Palu. e-J. Agrotekbis 5 (1) : 101 – 110.

Fahrurrozi. 2017. Kelayakan Finansial Agroindustri Tahu (Studi Kasus Pada Agroindustri Tahu Bapak Sudarno Di Desa Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu). Skripsi. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian, Rokan Hulu.

Hadiyanti. 2014. Analisis Kelayakan Usaha Tahu Bandung Kayun-yun Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampe, Kabupaten Bogor. Skripsi. Bogor. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Hasibuan, N. 1994. Ekonomi Industri: Persaingan, Monopoli dan Regulasi. LP3ES, Jakarta.

Husnan, S and Muhammad, S 2000. Studi Kelayakan Proyek. Edisi Keempat, Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Ibrahim. Y. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Revisi. PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.

Kadariah, 2001. Evaluasi Proyek : Analisis Ekonomis. Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2012. Edisi Revisi Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Kencana.

Mulyani. U. 2016. Analisis Kelayakan Finansial Usaha Agroindustri Tahu (Studi Kasus Agroindustri Tahu Bapak Warijan Di Desa Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu). Jurnal Faperta 3 (1) : 1-11.

Pasaribu, A.M. 2012. Perencanaan dan Evaluasi Proyek Agribisnis. Makassar. HasaniddinUniversity Press.

Sofyan, I. 2004. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Umar, H. 2005. Studi kelayakan Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, F.R. 2014. Pengaruh Peningkatan Harga Kedelai Terhadap Keuntungan Dan Nilai Tambah Industri Tahu Di Desa Leuweung Kolot Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Skripsi. Bogor. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Zakita. T.A. 2018. Analisis Kelayakan Usaha pada Industri Tempe Di Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari, Lampung Selatan. Skripsi. Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id