Skala Usaha Yang Menguntungkan Peternak Sapi Potong Di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Cut Rohana Niar Fitri, Sofyan Sofyan, Irwan Irwan

Abstract


Usaha sapi potong di Kecamatan Ingin Jaya masih tergolong usaha skala kecil, dimana usaha sapi potong tersebut belum sepenuhnya memberi kotribusi untuk memenuhui kebutuhan keluarga peternak. Karakteristik sosial ekonomi peternak dapat menentukan sikap dan pandangan peternak  terhadap usaha peternakan sapi potong. Selain itu, tidak adanya pembukuan usaha membuat rugi-laba tidak diketahui oleh peternak sapi potong mengakibatkan  peternak tidak dapat  memperkirakan tingkatan skala usaha yang dapat menguntungkan peternak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengindentifikasi karakteristik peternak sapi potong dan menetukan skala usaha (ekor) peternakan sapi potong yang memberikan keuntungan bagi peternak di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Analisis yang  digunakan adalah analisis deskriptif dan BEP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik peternak sapi potong di Kecamatan Ingin jaya Kabupaten Aceh Besar adalah sebagai berikut: berusia dengan kisaran umur 46-60 tahun, berpendidikan SD dan SMA, sudah berkeluarga dengan jumlah tanggungan anggota keluarga 1-3 orang, hanya diusahakan oleh laki-laki, pengalaman berternak selama 5-10 tahun dan paling banyak menjadikan usaha peternakan sapi potong sebagai pekerjaan Sampingan sebesar 53,3%. Usaha peternak sapi potong di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar belum berada pada titik impas, peternak akan menguntungkan jika melakukan usaha mulai dari skala usaha 8 ekor.

Keywords


Usaha, Peternakan, Sapi, Potong, Skala Usaha, Karakteristik

Full Text:

PDF

References


Abidin. 2006. Penggemukan Sapi Potong. Agro Media Pustaka. Jakarta.

Andarwati, S. Dan Guntoro, B. 2007. Analisis biaya sosial peternakan ayam ras di Kabupaten Bantul. Fakultas Peternakan UGM. Yogyakarta.Jurnal Agros. 9 (3) : 198-199.

Carsel, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. Penebar Media, Yogyakarta.

Fadliah, N.S. 2012. Analisis Komparatif Pendapatan Peternak Sapi Bali yang Melakukan Program IB dan yang Tidak Melakukan Program IB di Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Kasmir dan Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Prenada Media. Jakarta Timur.

Kurniawati. 2012. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Produksi Susu Sapi Perah. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Munawir. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Edisi ke-4. Liberty. Yogyakarta.

Nitisemito, A.S dan M.U. Burhan. 2004. Wawasan Studi Kelayakan dan Evaluasi Proyek. Bumi Aksa. Jakarta.

Qinayah, M. 2017. Tingkat Pendapatan Peternak Sapi Potong Pada Skala Usaha Yang Berbeda di Desa Mattirowalie Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Skripsi. Departeman Sosial Ekonomi Peternakan. Fakultas Peternakan Universitas Hasanudin, Makassar.

Rahadiyani, U. 2017. Hubungan Karakteristik Peternak dan Skala Usaha Dengan Kinerja Usaha Peternakan Sapi Perah. Skripsi. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Rianto, E dan Purbowati, F. 2009. Panduan Lengkap Sapi Potong. Penebar Swadaya. Jakarta.

S. Emawati.2007. Analisis Break Even Point (BEP) Usahatani Pembibitan Sapi Potong di Kabupaten Sleman Sains Peternakan Vol. 5(2):6-11.

Simamora. 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta.

Sirajuddin, S.N., Aslina, A.,Sutomo, S., dan Muh., J. 2016. Peningkatan Adopsi Teknologi Inseminasi Buatan Pada Sapi Potong Di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Seminar Nasional Denpasar. Bali.

Swastha, B dan Sukotjo, I. 1993.Pengantar Bisnis Moders (Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern). Liberty Offset Yogyakarta, Yogyakarta.

Tawaf, R. 2013. Peternakan Rakyat Sebab Atau Akibat. Https://www.academia.edu/5096593/Peternakan_Rakyat_Sebab_Atau_Kibat.com.Diakses Pada Tanggal 25 Juli 2019.

Wirjoprasonto. 1992. Pendidikan dan Dunia Kerja. BPPN. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id