Evaluasi Kelayakan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur di UPTD. Balai Ternak Non Ruminansia Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar

Jihad Fachryan Gading, Indra Indra, Fajri Fajri

Abstract


Aceh adalah provinsi yang mayoritas penduduknya mengkonsumsi telur, akan tetapi karena tingginya ketergantungan perdagangan Aceh terhadap provinsi tetangga menyebabkan Aceh harus mendatangkan telur dari Medan. Hal ini disebabkan karena rendahnya produksi telur pada tingkat lokal. UPTD BTNRBlang Bintang adalah usaha ternak yang dikelola dibawah naungan Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Provinsi Aceh yang memelihara ternak ayam ras petelur. Namun sebelumnya usaha ini dikelola oleh pihak swasta yang pada saat itu berbentuk koperasi  mulai dari tahun 2015 dan tidak berjalan sesuai dengan harapan, sehingga menyebabkan produksi usaha ini terhenti selama beberapa tahun. Lalu pada tahun 2017 dikembalikan kepada Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Provinsi Aceh, dikelola melalui UPTD BTNR dan mulai berproduksi kembali.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi tingkat kelayakan usaha ternak ayam ras petelur di UPTD BTNR Blang Bintang dilihat dari  aspek teknis, aspek pasar, aspek sosial dan lingkungan, serta aspek finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ternak ayam ras petelur di UPTD BTNR Blang Bintang layak dijalankan dari aspek teknis, aspek pasar, maupun aspek sosial dan lingkungan. Dari aspek finansial, UPTD BTNR Blang Bintang menunjukkan bahwa layak untuk diusahakan dilihat dari nilai NPV = Rp. 3.218.698.397,Net B/C = 1,54, IRR = 19 Persen, Payback Period =7 tahun 1 bulan 29 hari,  dan Break Even Point = 14 tahun 7  hari. Dari analisis sensitivitas, menunjukkan bahwa jika terjadi kenaikan harga pakan dan penurunan volume produksi telur maka UPTD BTNR Blang Bintang tidak memenuhi kriteria kelayakan investasi.


Keywords


Kelayakan Usaha; Ayam Ras Petelur ; Investment Feasibility; Laying Chicken Business

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh. 2018. Provinsi Aceh dalam Angka.Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh, Aceh.

Fuad, M., Christin, H., Nurlela, Sugiarto, dan Paulus, Y. E. F. 2006.Pengantar Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Halim, A. 2009.Analisis Kelayakan Investasi Bisnis. Graha Ilmu, Jakarta.

Isman, F. 2014. Analisis Permintaan Telur Ayam di Provinsi Aceh.Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Kementerian Pertanian. 2017. Outlook Telur Komoditas Pertanian Subsektor Peternakan. Kementerian Pertanian, Jakarta.

Listiyowati, E. dan Roospitasari, K. 2005.Puyuh, Tata Laksana Budidaya Secara Komersial. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sutisna, D. 2018. Analisis Kelayakan Pada Usaha Peternak Ayam Broiler Pola Mandiri (Studi Kasus Usaha Peternakan Haji Aa Pandeglang). Skripsi. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Tinaprilla, N. 2007.Jadi Kaya dengan Berbisis di Rumah. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id