Tata Niaga Buah Naga di Kota Banda Aceh

Akhsanul Amalin, Edy Marsudi, Teuku Fauzi

Abstract


Kota Banda Aceh sebagai pusat perdagangan dan pemerintahan menjadi daerah tempat dijualnya aneka jenis buah-buahan baik lokal maupun buah impor. Buah-buahan di Kota Banda Aceh tidak hanya dijual di pusat-pusat perbelanjaan atau pasar swalayan namun juga dijual secara eceran oleh pedagang di sejumlah lokasi terpisah terutama di dekat jalan-jalan utama Kota Banda Aceh. Dari sejumlah buah yang dipasarkan di Kota Banda Aceh buah naga menjadi salah satu buah favorit bagi masyarakat. Dengan rasanya yang lezat (manis, asam dan segar) serta kandungannya yang bermanfaat bagi kesehatan dan pencegahan beberapa penyakit, membuat minat masyarakat untuk membeli buah naga di Kota Banda Aceh terus meningkat. Kondisi tersebut juga dibarengi oleh meningkatnya animo masyarakat untuk membudidayakan buah naga. Budidaya buah naga di Kota Banda Aceh dapat di jumpai di berbagai lokasi di lima kecamatan secara terpisah baik di Kecamatan Baiturrahman, Kecamatan Banda Raya, Kecamatan Jaya Baru, Kecamatan Syiah Kuala dan Kecamatan Ulee Kareng. Umumnya budidaya buah naga di lima kecamatan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong di dekat rumah. Walaupun demikian hasil panen dan penjualan buah naga pasca panen sangat memuaskan dan dapat menambah penghasilan keluarga. Namun saat ini hanya ada sekitar 2(dua) lokasi budidaya di Kota Banda Aceh yang masih intensif membudidayakan buah naga dengan kegiatan tata niaga yang sederhana yaitu di Desa Neusu Aceh Kecamatan Baiturahman dan Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala. Terlaksananya tata niaga buah naga secara efektif dan efisien menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan budidaya buah naga di Kota Banda Aceh.Tata niaga buah naga merupakan proses gerakan perpindahan buah naga dari sektor produsen ke sektor konsumen serta segala bentuk kejadian dan perlakukan yang dialami oleh produk tersebut sehingga lebih efisien dalam sistem distribusinya


Keywords


Buah Naga ; Budidaya ; Tata Niaga; Dragon Fruit; Cultivation; Commerce

Full Text:

PDF

References


Aji, Ardito Atmaka dan Kurniawan Muhammad Nur (2017) Analisis Tataniaga Buah Naga Organik Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani Di Kabupaten Banyuwangi, JurnalSeminar Nasional dan Gelar Produk Program Studi Agribisnis/Politeknik Negeri Banyuwangi, Banyuwangi.

Amalia, A.J, D.H. Utami, A.B. Nugroho (2013) Analisis pemasaran usaha ayam broiler skala kecil dan besar pada pola Kemitraan PT Sinar Sarana sentosa Malang, Fakultas Peternakan, Jurnal Ilmiah AgribisnisFakultas Peternakan, Universitas Brawijaya.

Assauri, Sofian. 2013. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Press

Blakely, J., dan Bade, D. H (1998). Ilmu Peternakan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Badan Pusat Statistik (2017) Banda Aceh Dalam Angka, Kota Banda Aceh.

Bungin, Burhan (2013) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kencana, Jakarta.

Cahyo, Agit Dwi., Pujiharto, dan Watemin (2016) Analisis Tata niaga Salak Pondoh (Salacca Edulis Reinw) Di Desa Sigeblog Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Agritech : Vol. XVIII No. 2 Fakultas pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Emhar. A., J. M. M. Aji, dan T. Agustina. 2014. Analisis rantai pasokan (supply chain) daging di Kabupaten Jember. Jurnal Berkah Ilmiah Pertanian 1: 53- 61.

Elisa, Rahma (2016) Panen Rupiah Dengan Budidaya Buah Naga, Jawa Barat: Palapa.

Emil. S (2011) Untung Berlipat Dari Bisnis Buah Naga Unggul, Yogyakarta: Andi Offset

Firdaus Muhammad (2012) Manajemen Agribisnis, Jakarta: Bumi Aksara.

Haryani Dewi dan Tian Mulyaqin (2013) Kajian Analisis Margin Pemasaran Danintegrasi Pasar Gabah/Beras Di Provinsi Banten, Buletin Ikatan Vol. 3 No. 1Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten Serang-Bante.

Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran jilid I dan II. Edisi Milenium. Jakarta. Prenhalindo.

Kotler Philip dan Kevin Lanne Keller (2012), Manajemen Pemasaran Jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong (2012) Dasar-dasar Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi (2013) Akuntansi Biaya, Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Nasruddin, Wasrob dan Ahmad Musyadar (2015) Tata Niaga Pertanian, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suprapto. J, (2008) TaSattistik (Teori dan aplikasi, Penerbit Erlangga

Notoatmodjo, S (2014) Metode Penelitian Ilmu Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Puspitasari, H. (2011). Analisis Rantai Pemasaran Ayam Ras Pedaging Ke Pasar Induk Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmiah Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, Bandung

Ramadhan, Muhammad., Rafeah Abubakar., dan Sutarmo Iskandar (2015) Studi Kendala Penerapan Agribisnis Buah Naga Di Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Jurnal Societa IV. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang.

Rahman, Dedi., Elwamendri., dan Yusma Damayanti (2014) Analisis Tata niaga Pinang (Areca Catechu. L) Pada Pasar Produsen Di Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Sosio Ekonomika Bisnis Vol 17. No 2, Program StudiAgribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Simmamora (2010) Manajemen Pemasaran Internasional. Jilid II. Salemba Empat, Jakarta

Soekartawi (2013) Agribisnis Teori Dan Aplikasinya. Rajawali Press, Jakarta.

Samadi, Budi (2013) Untung Berlipat Dari Budidaya Buah Naga Secara Organik. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu. 2010. Saluran Pemasaran.Yogyakarta: FEUGM

Suprapto Hugo Aries dan Muhammad Rusdi (2015) Pengaruh Biaya Distribusi Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Produk Pada PT Enseval Putera Megatrading Tbk. (Kalbe Group) Jurnal Sosio E-Kons Vol.7 No.2 Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Suharto, Ign dan Andy Chandra (2015) Tata Niaga Produk Pangan, Bandung, UNPAR Press

Tjiptono Pandy (2014) Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id