Strategi Pengembangan Usaha Susu Kambing Di UD. Atjeh Livestock Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Rizky Utami, Widyawati Widyawati, Fajri Jakfar

Abstract


UD. Atjeh Livestock merupakan salah satu unit usaha penghasil susu kambing di Kota Banda Aceh. Permintaan terhadap produk susu kambing yang selalu meningkat belum dapat terpenuhi karena keterbatasan modal yang mengakibatkan keterbatasannya produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal apa saja yang dihadapi dalam pengembangan usaha Susu kambing pada UD. Atjeh Livestock, dan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha susu kambing yang dapat diterapkan pada UD. Atjeh Livestock. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor internal yang dihadapi dalam pengembangan usaha susu kambing di UD. Atjeh Livestock ialah kekuatan faktor internal yaitu 1).Manajemen sumber daya manusia yang baik, 2).Kualitas dan mutu produk terjamin, 3).Lokasi usaha yang strategis, 4) Harga produk yang terjangkau, 5) Tersedianya variasi produk dan 6) Lancarnya promosi produk. Sedangkan kelemahannya terdiri dari 1) Modal usaha yang masih kurang , 2) Produksi yang terbatas, 3) Teknologi yang kurang modern, 4) Belum adanya label/merek pada kemasan dan 5) Tidak adanya fasilitas antar/delivery bagi konsumen. Sedangkan peluang faktor eksternal yaitu : 1) Adanya pangsa pasar, 2) Daya beli masyarakat, 3) Permintaan yang semakin meningkat, 4) Pertumbuhan penduduk, 5) Sosial masyarakat akan pentingnya kesehatan dan 6) Hubungan yang terjalin baik dengan konsumen. Sedangkan ancaman terdiri dari 1) Harga bahan baku pakan ternak yang meningkat  dan , 2) Persaingan produk. Berdasarkan hasil dari diagram analisis SWOT posisi usaha Produksi Susu kambing UD. Atjeh Livestock berada pada kuadran I yaitu strategi pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy) dengan nilai 1,950:1,317. Strategi yang disarankan dan diterapkan kepada pemiliki usaha adalah strategi agresif S-O (Strenghts-Opportunities) dengan meningkatkan jumlah produksi agar dapat memenuhi permintaan konsumen dan penetapan harga produk sehingga terjalin hubungan baik dengan konsumen.

 


Keywords


Strategi Pengembangan ; Susu Kambing ; Development Strategy ; Goat Milk

Full Text:

PDF

References


Atmiyati, 2001. Potensi Susu Kambing Sebagai Obat dan Sumber Protein Hewani Untuk Meningkatkan Gizi Petani. Jurnal Temu Teknis Fungsional Non Peneliti. Balai Penelitian Ternak. Bogor.

Badan Pusat Statistik, 2017. Banda Aceh Dalam Angka. Banda Aceh.

Blakely, J. dan D. H. Bade. 1992. Pengantar Ilmu Peternakan. Penerjemah: B. Srigandono. Cet. Ke-2. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Budiarsana I.G.M dan I.K Sutama. 2001. Efisiensi Produksi Susu Kambing Peranakan Etawah. Jurnal Seminar Nasioanl Teknologi Peternakan dan Veteriner. Balai Penelitian Ternak. Bogor.

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategis. Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

David, F.R. 2009. Manajemen Strategis. Salemba Empat. Jakarta.

Departemen Pertanian. 1991. Pengolahan Hasil-hasil Peternakan. Departemen Pertanian Republik Indonesia. Jakarta.

Ischak, H. 2016. Strategi Pemasaran Susu Kambing Di Adilla Goat Farm Desa Jeruksawit Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Kisworo, A N dan K S Handayani. 2014. Analisa Hubungan antara Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Susu Kambing di Wilayah Bogor. Jurnal Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP). Vol 12 No 3. Bogor.

Lestari, Endah Prapti. 2011. Pemasaran Strategik Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Meiners, Miller. 2000. Teori Ekonomi Intennediate. Terj. Hans Munandar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Melani, Suci. 2009. Analisis Srategi Pengembangan Usaha Telur Puyuh (Kasus: Peternakan Puyuh Bintang Tiga/Ppbt, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Novianto, A. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis (Studi Pada Industri Kerajinan Gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Pabana, T. 2011. Korelasi Antara Dimensi Ambing Dan Putting Terhadap Produksi Susu Kambing Perah Peranakan Etawa (PE). Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Purworo, P. 2009. Analisis Strategi Pemasaran Susu Kambing (Studi Kasus PT. Caprito Agrindo Prima, Kec. Caru Bogor). Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Sarwono, B., 2007. Beternak Kambing Unggul. Penebar Swadaya, Jakarta.

Septianto, W.T. 2013. Analisis Strategi Pengembangan Usaha “Lapis Bogor Sangkuriang” Kota Bogor Jawa Barat. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Situmorang, S.H dan Dilham, A. 2007. Studi Kelayakan Bisnis. USU Press : Medan. Solihin, I. 2012. Manajemen Strategik. Erlangga. Jakarta.

Umar, Husein. 2003. Strategic Manajemen In Action. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Winarso, B dan Yusja, Y. 2006. Prospek dan Kendala Pengembangan Agribisnis Ternak Kambing-Domba di Indonesia. Jurnal Lokakarya Nasional Domba dan Kambing: Strategi Peningkatan Produksi dan Mutu Bibit Domba dan Kambing. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id