Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Ikan kuwe Menggunakan Keramba Jaring Apung di Desa Layeun Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar

Nadiatul Assyifa, Agustina Arida, Irwan A. Kadir

Abstract


Abstrak. Sumber daya perikanan yang ada di Aceh dapat diklasifikasikan menjadi perikanan tangkap dan perikanan budidaya. Masyarakat pesisir Aceh, umumnya menggantungkan hidupnya pada hasil perikanan tangkap. Hasil produksi perikanan tangkap lebih tinggi  dibandingkan dengan hasil produksi perikanan budidaya. Namun hasil perikanan tangkap terkadang tidak maksimal karena terkendala oleh beberapa faktor. Sedangkan hasil perikanan budidaya mulai menunjukkan peningkatan produksi selama beberapa tahun terakhir. Perikanan budidaya terdapat berbagai macam jenis, salah satu nya keramba jaring apung (KJA) yang merupakan budidaya dengan menggunakan wadah berupa jaring  yang mengapung yang ditempatkan diperairan laut, waduk, dan danau. Kondisi alam sangat berpotensi untuk dijadikan tempat pembudidayaan ikan dengan sistem KJA, namun kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan potensi tersebut masih sangat rendah. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan usaha Budidaya Ikan Kuwe dengan Keramba Jaring Apung yang terdapat di Desa Layeun, Kecamatan Leupung, kabupaten Aceh Besar secara aspek aspek teknis dan aspek finansial dengan kriteria investasi seperti Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) Net benefit cost ratio Payback Period (PP). Analisis sensitivitas dihitung dengan menaikkan benefit dan menurunkan biaya dari usaha budidaya KJA sebanyak 10%. Hasil dari analisis kelayakan usaha pada aspek teknis , usaha ikan kuwe menggunakan keramba jaring apung layak untuk dijalankan. Secara finansial usaha tersebut juga layak untuk dijalankan. Berdasarkan analisis sensitivitas dengan menggunakan asumsi I dan asumsi II  didapatkan hasil bahwa usaha tersebut tidak layak.


Keywords


Keramba Jaring Apung, Produksi, Analisis Finansial;

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afero, F. 2012. Analisa ekonomi budidaya kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) dan kerapu bebek (Cromileptes altivelis) dalam keramba jaring apung di Indonesia. DEPIK Jurnal Ilmu-Ilmu Perairan, Pesisir dan Perikanan, 1(1).

Afnita. 2002. Analisis Kelayakan Investasi Paprika dengan Sistem Pertanian Organik di PT Austindo Mitra Sarana Farm. Skripsi. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Astanu, D.A., R.H. Ismono dan N. Rosanti. 2013. Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Intensif Tanaman Pala di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis 1(3) : 220.

Astuti, Dewi. 2005. Kajian Bisnis Franchise Makanan di Indonesia Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 7 (1):87.

Cahyono. 2005. Budidaya Ikan di Perairan Umum. Penerbit kanisius.Yogyakarta.

Gittinger J P. 1986. Analisa Kelayakan Proyek Pertanian. UI Press, Jakarta.

Ibrahim dalam Tritama, CA. 2018.Analisis Kelayakan Agroindustri Parfum ( Studi kasus pada UKM Minyeuk Pret di Desa Lam Ara Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh). Skripsi.Fakultas Pertanian Unversitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Kadariah . 1988. Evaluasi Proyek Analisa Ekonomi Edisi Dua. Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.

Kadariah. 2001. Pengantar Evaluasi Proyek. Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi UI. Jakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2006. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Kesatu. Kencana-Prenada Media Group, Jakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Revisi. Kencana, Jakarta

Kasmir. 2011. Kewirausahaan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Kuntjoro.2002.Kelayakan Finansial Proyek. Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian.IPB. Bogor.

Nikijuluw V.P.H, 1992. Agribisnis Perikanan. edisi revisi. Penebar Swadaya. Jakarta

Ngamel, A.K. 2012. Analisis Finansial Usaha Budidya Rumput Laut dan Nilai Tambah Tepung Karaginan di Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Sains Terapan Edisi II 2 (1) : 74.

Nurmalina, R. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Nurfadilla, N Yunisa. 2013. Analisis Kelayakan Finansial Usaha KJA diWaduk Cirata dengan Internalisasi Biaya Flushing. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Mahyudin Kholish. 2008. Panduan Lengkap Agribisnis Lele. Penebar Swadaya, Jakarta.

Maulidah, S., dan D.A. Pratiwi. 2010. Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Anggur Prabu Bestari. Jurnal AGRISE 10 (3) : 218.

MY, Mulyadi., Ibrahim Isytar., dan Eva Dolorosa.2015. Analisis Finansial Budidaya Ikan dalam Karamba Jaring Apung di Sungai Melawi Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi. 4:37-45.

Misbah A. 2004. Kondisi, Permasalahan, dan Prospek Usaha Budidaya Ikan di Perairan Waduk Pengembangan Budidaya Perikanan di Perairan Waduk : Suatu Upaya Pemecahan Masalah Budidaya Ikan Dalam KJA. Departemen Kelautan dan Perikanan. Pusat Riset Perikanan Budidaya, Jakarta. Hal. 19.

Mubyarto.1997.Pengantar Ekonomi Pertanian.LP3ES. Jakarta.

Pasaribu, A.M. 2012. Perencanaan dan Evaluasi Proyek Agribisnis. Lily Publisher, Yogyakarta.

Perdana, Haris. 2008. Analisis Kelayakan Finansial Usaha Pembesaran Ikan Mas dan Nila Pada Keramba Jaring Apung ( KJA) Sistem Jaring Kolor di KJA Waduk Cikoncang, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak Banten. Skripsi. Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Supriyadi H. 2004. Manajemen Kesehatan Pada Usaha Budidaya Ikan dalam Keramba Jaring Apung. Pengembangan Budidaya Perikanan di Perairan Waduk : Suatu Upaya Pemecahan Masalah Budidaya Ikan Dalam KJA. Departemen Kelautan dan Perikanan. Pusat Riset Perikanan Budidaya, Jakarta. Hal. 32.

Utomo, T. J. 2009. Fungsi dan Peran Bisnis Ritel dalam Saluran Pemasaran. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id