Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk dan Reputasi Merek pada Abon Ikan Cap Kapal Tsunami (Studi Kasus pada Konsumen Abon Ikan Cap Kapal Tsunami)

Mhd. Qeis Aulia Hidayat, Anwar Deli, Agus Nugroho

Abstract


Abstrak Abon ikan merupakan agroindustri yang berkembang pesat di Banda Aceh. Usaha abon ikan Cap Kapal Tsunami lebih dikenal oleh konsumen yang dapat bertahan dalam persaingan pasar. Untuk mempertahankan konsumen agroindustri dengan cara meningkatkan kualitas produk dan menjaga reputasi merek yg baik. Namun permasalahanyang dihadapi adalah apabila pasokan ikan segar disaat cuaca buruk dan menggunakan ikan beku untuk mencukupi permintaan yang ada dapat menurunkan kualitas produk dan reputasi merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada abon ikan cap Kapal Tsunami dan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan reputasi merek terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling.Hasil perhitungan tingkat kepuasan konsumen pada kualitas produk memperoleh kepuasan yang puas dan reputasi merek juga memiliki tingkat kepuasan konsumen yang puas. Secara serempak variabel kualitas produk dan reputasi merek memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen abon ikan Cap Kapal Tsunami di Kota Banda Aceh. Secara parsial kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dan reputasi merek tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada abon ikan cap Kapal tsunami.


Keywords


Abon ikan, kepuasan konsumen, reputasi merek;

Full Text:

PDF

References


Ahyari, A. !990. Management Produksi. Yogyakarta :BPFE

Assauri, S. 1998. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta : LPFEUI

Bastian, D.A. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kpercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No. 1, (2014) 1-9

Griffin, J. 2005. Customer Loyalty. Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan

Pelanggan. Erlangga. Jakarta

Habibah Ummu. Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31-48. Volume 1, Nomor 1, Maret 2016

Hermawan. Budi. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. SINDO MUNCUL. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Tahun 4 N0. 2 Agustus 2011

Isamani, Platomi, 2008. Pengaruh Citra Merek. Fisip UI

J. Supranto, 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta

Karyono & Wachid 1982. Petunjuk Praktek Penanganan dan Pengolahan Ikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi ke 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Amstrong, dalam Ralibi 2002. Pengaruh Kesadaran, Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Perilaku Dalam Mengkonsumsi Buah Lokal Di Kawasan Pemukiman Jakarta Timur. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran.Jilid I. Edisi ke 11. Alih Bahasa Benyamin Molan; Editor ; Yenna Waldemas Jakarta : indeks

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Lutony, T. L. Dan Y. Rahmayati. 1994. Produksi dan Perdagangan Minyak Atsiri. Penebar

Swadaya. Jakarta.

Maria, Monica. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Tahun 6. No.1 April 2013

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Media Com. Jakarta

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sumarwan. 2003. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Sapi Di Pasar Ternak Gunung Medan, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Jurnal Pertanian Berbasis Keseimbangan Ekosistem.

Suryani, A, Erliza Hambali, Encep Hidayat, 2007. Membuat Aneka Abon. Penebar swadaya. Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2000. Prinsip & Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama. J & J Learning. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management, Edisi Revisi. Andy : Yogyakarta

Vincent, Gaszpersz. 2008. Total Quality Management, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id