Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pemanen Kelapa Sawit Kabupaten Aceh Tamiang

Tia Maulida, Sofyan Sofyan, Teuku Fauzi

Abstract


Pentingnya dilakukan penelitian ini merupakan salah satu petunjuk untuk mengetahui kemampuan seseorang atau sekelompok tenaga kerja dalam satu tahapan produksi maupun keseluruhan proses produksi. PT. Semadam adalah perusahaan besar yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit dimana motivasi kerja menjadi sangat penting dan menjadi masalah pokok dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas tenaga kerja panen pada   PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang 2) Untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pemanen pada PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan dua analisis yaitu analisis Chi Square dan analisis regresi linear berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja di bagian produksi panen di setiap afdeling yang bekerja di PT. Seumadam dengan menggunakan metode sensus. Dari hasil analisis menggunakan Chi Square diperoleh nilai sebesar 21,340 dan nilai probabilitas 0,00 > 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya motivasi memiliki hubungan terhadap produktivitas tenaga kerja pemanen kelapa sawit di PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang. Dari hasil analisis regresi linear berganda secara parsial (uji t) dari lima variabel yaitu umur, lama bekerja, jumlah tanggungan, pendidikan dan premi panen, hanya variabel premi panen yang memberikan pengaruh nyata terhadap produktivitas tenaga kerja pemanen kelapa sawit di PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang. Sedangkan secara simultan (uji f) variabel umur, lama bekerja, jumlah tanggungan, pendidikan dan premi panen secara bersama-sama mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pemanen kelapa sawit di PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang.

 


Keywords


motivasi, produktivitas, faktor-faktor lain, kabupaten Aceh Tamiang ; motivation, productivity, other factors, Aceh Tamiang district

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, I.K. 2012. Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Telkom Indonesia, Tbk Makassar. Skripsi. Makassar.

Alma, B. Dan Priansa, J.,D. 2009. Manajemen Bisnis Syari’ah. Alfa Beta, Bandung.

Aprilyanti, S. 2017. Pengaruh usia dan masa kerja terhadap produktivitas kerja (Studi kasus PT. OASIS Water International Cabang Palembang). Jurnal Sistem dan Manajemen Industri. Vol. 1: 70 (2). Desember 2017. Palembang.

Badan Pusat Satatistik. Statistika Perkebunan Indonesia Komoditas Kelapa Sawit 2016. Direktorat Jenderal Perkebunan, Jakarta.

Bedjo,S.2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Bumi Aksara, Jakarta.

Budiantari, S.N.N., dan Rustariyuni, S.D. 2013. Pengaruh Faktor Sosial Demografi Terhadap Curahan Jam Kerja Pekerja Perempuan pada Keluarga Miskin di Desa Pemecutan Kaja Kecamatan Denpasar Utara. E-journal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. Vol. 2, No. 11, November 2013.

Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. PT Refika Aditama, Bandung.

Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Gava Media.

Fauzia, L., Salmiah, dan Siti. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pemanen dan pemupuk di PTP Nusantara IV. Jurnal on Social economic of Agriculture and Agribusiness. Vol 2. (No. 3)

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro, Yogyakarta.

Griffin, & W, R. 2004. Manajemen. Erlangga, Jakarta.

Gujarati, Damodar. 2006. Dasar-Dasar Ekonometrika. Erlangga, Jakarta.

Khairunnisa, N. 2013. Analisis Korelasi Motivasi Kerja dengan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Tenaga Kerja SKU (Standar Kerja Umum) Panen Kelapa Sawit di PT. Seumadam Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Koesmono, H. 2005. Pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi dan kepuasan kerja serta kinerja karyawan pada sub sektor industri pengolahan kayu skala menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 7 (No. 2). Surabaya.

Kreitner, R., & Kinicki, A. 2007. Organizational Behavior. Mc Graw Hill, New York.

Harshanty, W. A. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Badan Perijinan Terpadu (BPT) Kabupaten Seragen. Tesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Hasibuan, M., S.P. 2001. Organisasi dan Motivasi. Bumi Aksara, Jakarta.

Husin, Sanusi. 2001. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Lampung Press. Lampung.

Lubis, I. dan Afifah, N.S. 2016. Faktor penentu produktivitas tenaga kerja panen kelapa sawit di Kalimantan Timur. Jurnal Agrohorti. Vol. 4 (No. 2). Kalimantan Timur.

Marjono. 2007. Pengaruh Kedisiplinan,Motivasi, dan Fasiltias Sekolah terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMPN 8 Purworejo. Tesis .

Meydianawathi, L.D. 2011. Kajian Aktivitas Ekonomi Buruh Angkut Perempuan Di Pasar Bandung. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Vol.7.

Muchdarsyar, S. 2009. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Bumi Aksara, Jakarta.

Mulyani, A., dan Mandamdari, A.N. 2012. Peran Wanita Tani dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Kabupaten Banyumas. Journal SEPA. Vol. 8, No. 2, Februari 2012.

Rankine, I, R dan Fairhust, T, H. 2000. Buku Lapangan : Seri Tanaman Kelapa Sawit -Tanaman Menghasilkan. Pusat Penelitian Kelapa Sawit : Bogor.

Riptanti, W.E., Marwanti, S., dan Yuniastuti, A. 2016. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada industri rotan di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Agrista. Vol.4 (No. 2). Surakarta.

Robbins, Stephen, P., & Judge, A. T. 2008. Perilaku Organisasi. Salemba Empat, Jakarta.

Sastrohadiwiryo,B.S. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Saydam, G. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Mikro. Djambatan, Jakarta.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju, Bandung.

Soekiman, A. dan Heryanto, H. 2009. Motivasi Kerja Sebagai Dorongan Internal dan Eksternal Pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Jurnal Konferensi Nasional Teknik Sipil. Vol 3. Jakarta.

Sofyandi, Herman dan Garmiwa, Iwa. 2007. Perilaku Organisasional. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar PT. Remaja Rosdakarya. Universitas DIponegoro. Semarang.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA, Bandung.

Suksesi, D. E. 2009. Hubungan Pelatihan Kerja dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Bengawan Abadi Motor (Nasmoco) Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sutrisno, E. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana, Jakarta.

Tucunan, T. A. A., Kalibu, F., dan Mardianto, R.N. 2016. Hubungan antara kedisiplinan dan motivasi dengan kinerja perawat di RSUD kota Kotamobagu. Jurnal Ilmiah Farmasi. Vol 5. (No.2). Manado

Tyas, C. K. 2008. Pengelolaan Resiko Panen Kelapa Sawit. (Elaeis guineensis jacq) di Perkebunan Pantai Bunati Estate PT Sajang Heulang Minamas Plantation Kalimantan Selatan. Skripsi. Program Studi Agronomi.

Veithzal, R. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori Ke Praktek. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id