HUBUNGAN KEDEKATAN AYAH DENGAN PENINGKATAN EMOSI POSITIF PADA REMAJA PUTRI DI PESANTREN

Dhenok Megawulandari, Syarifah Rauzatul Jannah

Abstract


Kedekatan ayah dengan anak, khususnya remaja putri selama ini lebih digambarkan sebagai sikap kepatuhan dan penyokong materi. Namun, lebih dari itu, kedekatan ayah berhubungan erat dengan perkembangan psikologis pada remaja putri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat  hubungannya kedekatan ayah dengan peningkatan emosi positif pada remaja putri yang berada di pesantren Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh santri kelas VII di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yakni nonprobability sampling menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria khusus yang telah ditentukan. Jumlah sampel sebanyak 49 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan empat kuesioner yaitu, kuesioner demografi, Nurturant Fathering Scale, Father Involvement Scale, dan Scale of Positive and Negtive Experience (SPANE). Hasil penelitian didapatkan nilai skala pengasuhan ayah (Nurturant Fhatering) berada pada kategori baik (93,9%),  nilai keikutsertaan ayah yang dilaporkan (Reported Father Involvement) berada pada kategori baik (91,8%), nilai keikutsertaan ayah yang diharapkan (Desired Father Involvement) berada pada kategori baik (93,9%), dan nilai emosi berada pada kategori positif (83,7%). Analisis hasil menggunakan uji Chi-Square dengan hasil terdapat hubungan antara kedekatan ayah dengan peningkatan emosi positif pada remaja putri di pesanren Banda Aceh dengan p-value 0,003 < α (0,05) pada aspek Nurturant Fathering dan p-value 0,000 < α (0,05) pada Reported Father Involvement serta p-value 0,003 < α (0,05) pada aspek Desired Father Involvement. Direkomendasikan kepada pihak pesantren untuk memberikan edukasi kepada orang tua khususnya ayah agar dapat meningkatkan keterlibatan dalam pegasuhan dengan anak antara lain dengan memberikan saran dan masukan, lebih banyak menyediakan waktu untuk sharing minat dan bakat, bermain, serta terlibat dalam aspek sosial pertemanan remaja putri.


Full Text:

PDF

References


Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Morman, M. T. & Floyd, K. (2006). Good Fathering: Father and Sons Perceptions of What is Means to be a Good Father. Fathering 4 (2).113-136.

Pai, H. C., Tsao, Lee I. (2004). An Exloration of the Mother-Child Relationship Between Climacteric Mothers and Their Adolescence Daugthers.Journal of Nursing Research Vol. 12 No. 4. Hal. 267-273.

Santrock. John W. (2002). Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Ed. 5 Jilid 11. Jakarta: Erlangga.

Santrock, John W. (2003). Adolescence. Jakarta: Erlangga.

Setianingsih, Fitri. (2017). Peran Komunikasi Ayah dalam Perkembangan Mental Anak: Studi atas Santri Putri Pondok Tahfidz Karanganyar. Academica: Journal of Multidisiplinary Studies Vol. 1 No. 2.

Utomo, I. D., McDonald, P., Hull T. H., Reimondos, A., Utomo, A.J. (2010). Life Situations of Young Fathers in Jakarta. Australian Demographic and Social Research Institute, Australian National University. Working Paper.

Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Wangge, F. K. M., Thoomaszen, F. W., Bunga, B. N. K., and Kiling, I. Y. (2016). Identifikasi Afeksi Paternal pada Ayah dari Anak Usia Dini di Kota Kupang. Jurnal Ilmiah Visi Pptk PaudNI Vol. 11 No. 1. Hal. 41-48.

Zuhairah & Tatar, Farhati M. (2017). Hubungan antara Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan dengan Kenakalan Remaja di Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan Vol. 11 No. 1. Hal. 46-52


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id